Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Modal Mazda, Capai Level Tertinggi

Kompas.com - 02/10/2017, 15:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Rekan baru Toyota, Mazda Motor bersiap siram investasi modal untuk tahun fiskal 2018, di mana jumlahnya mencapai rekor baru. Total dananya disebut-sebut terbesar sepanjang eksistensi merek tersebut di dunia.

Mengutip Nikkei, Senin (2/10/2017) Mazda merencanakan kenaikan sekitar 20 persen belanja modal untuk tahun fiskal 2017, yang berakhir pada bulan Maret mendatang. Kenaikan juga belanjut sampai 30 persen pada tahun fiskal 2018, yang kemungkinan mengalokasikan dana dari 150 miliar yen (Rp 17 triliunan) menjadi 160 miliar yen (Rp 19 triliunan).

Investasi akan banyak digelontorkan untuk pabrik Jepang dan Meksiko, di mana area pengeluaran mencakup peningkatan fasilitas produksi mesin, sasis dan desain. Selain itu, Mazda juga sedang menaruh banyak perhatian pada elektrifikasi kendaraan.

Baca juga : Toyota dan Mazda Bentuk "Geng" Baru Kendaraan Listrik

Merek asal Jepang tersebut berencana merilis mobil penumpang dengan sistem hybrid "ringan", yang terdiri dari mesin yang baru dikembangkan yang dikombinasikan dengan motor listrik kecil, pada 2019. Sistem in-house-developed pertama ini akan masuk ke model Mazda3 atau dikenal dengan nama Axela di Jepang. Ekonomi bahan bakar akan meningkat sekitar 10 persen.

Mazda juga sudah melisensi teknologi hibrida konvensional dari Toyota Motor, yang membuat mereka memiliki kerjasama modal dan operasional. Mazda melihat kemitraannya dengan Toyota sebagai kunci pengembangan teknologi kendaraan listrik jangka panjang, dengan strategi elektrifikasi.

Sementara pada 2019, Mazda berusaha memperkenalkan kendaraan listriknya sendiri dan menawarkan model plug-in hybrid pada 2021. Bersama dengan Toyota, Mazda berharap bisa mereduksi pengeluaran untuk kegiatan litbang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com