Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK Optimistis Pasar Nasional Tidak Turun

Kompas.com - 11/08/2017, 16:24 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif - Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla hadir ke pameran Gaikondo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 pada hari kedua, Jumat (11/8/2017). Wapres yang akrab disapa JK ini sempat beberapa kali mengunjungi beberapa booth untuk melihat mobil baru serta deretan mobil hybrid dan listrik.

Ketika ditanya mengenai situasi pasar otomotif yang pada semester awal terlihat melemah, JK mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada penurunan dari sisi penjualan di Indonesia.

Baca : Pemerintah Jamin Penyedia Tenaga Mobil Listrik

"Sebenarnya untuk penjualan mobil khususnya tidak turun, ada naik sedikit 0,3 persen. Dengan itu artinya kelangan menengah tidak turun," kata JK kepada media di ICE, BSD, Tangerang, Jumat (11/8/2017).

Sedangkan ketika disinggung mengenai harapan mengenai adanya acara pemeran ini, JK mengatakan, pada intinya akan membantu terciptanya peningkatan terhadap dua sektor utama, yakni penjualan dan ekspor.

Wakil PResiden Republik Indonesia, H.M Jusuf Kalla mengunjungi booth Toyota
 di GIIAS 2017 Wakil PResiden Republik Indonesia, H.M Jusuf Kalla mengunjungi booth Toyota di GIIAS 2017

"Yang selalu menaikkan itu tentu adanya model baru lalu harga yang turun. Tentu ini (GIIAS) bisa mendongkrak penjualan dan juga ekspor. Tadi disampaikan juga, bahwa tahun ini ekspor sudah naik 20 persen kan," ucap JK.

Bila berkaca dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kenaikan pada semester 2017 hanya 0,41 persen. Dengan total penjualan dari seluruh merek sebesar 534.288 unit, lebih banyak 2.161 unit dibanding periode yang sama pada 2016 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com