Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duet Kakak-Beradik ”Menari Bebas” di Atas Motor

Kompas.com - 07/08/2017, 17:43 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Kebumen, KompasOtomotif – Duet kakak-beradik memberikan suguhan ciamik di sela Yamaha Cup Race (YCR) seri perdana di sirkuit Alun-Alun, Kebumen Jawa Tengah, Minggu (6/8/2017). Mereka adalah freestyler kenamaan Indonesia dan juara Asia, Wawan Tembong, bersama adiknya Wahyu Nugroho.

Keduanya unjuk gigi ”bermain-main” dengan motor Yamaha. Wawan menggenjot YZF-R6 dan Wahyu dengan MT-25 beratraksi freestyle di lintasan sirkuit Alun-Alun yang dipadati penonton.

Berbagai macam trik dipertontonkan, solo atau tandem, mulai dari stoppie, wheelie chair, wheelie circle, double circle, no hand, dan trik akrobatik lainnya. Pengalaman Wawan di negeri tetangga ternyata mampu diimbangi adiknya.

Antusiasme penonton menjadi bahan bakar khusus keduanya untuk tampil prima. Cuaca panas tak membuat situasi sepi. Justru kehadiran Wawan dan Wahyu yang langka dilihat langsung menjadi pemicu riuhnya suasana siang itu.

Wawan menunggangi Yamaha R6, sedangkan Wahyu pakai MT-25.Yamaha Indonesia Wawan menunggangi Yamaha R6, sedangkan Wahyu pakai MT-25.
”Minat freestyle di daerah cukup bagus, dan perkembangannya sangat pesat di Indonesia. Kuncinya, freestyle adalah fisik. Kalau (fisiknya) bagus, melakukan trik apa saja bakal bagus juga,” ujar Wawan Tembong yang akhir Agustus ini akan mengikuti Kejuaraan Asia di Kinabalu, Filipina.

Sementara Wahyu yang berusia 12 tahun, termotivasi dengan kemampuan kakaknya. Dia mulai tampil freesfyle setahun lalu, memanfaatkan ajang Yamaha Cup Race di Pati, menggunakan Yamaha V-Ixion.

Siswa kelas 1 SMP Veteran Boyolali itu ternyata memendam bakat alami seperti kakaknya. Ditambah latihan rutin tiap sore sepulang sekolah, Wahyu jadi ahli freestyle di usianya yang masih sangat muda.

Hebatnya, dia juga jago di balapan road race. Di seri 1 YCR tahun ini, Wahyu memenangi kelas YCR 5 dan posisi kedua YCR 6.

”Saat ini saya memang lebih fokus balapan. Ke depannya pengen jadi kayak Wahyu Aji juara Asia dengan MX King (Asia Road Racing Championship). Dia idola saya, jadi inspirasi, " ucap Wahyu yang di luar balapan hobinya renang dan surfing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com