Balapan Selalu Jadi Ajang Pembuktian Kualitas Pelumas - Kompas.com

Balapan Selalu Jadi Ajang Pembuktian Kualitas Pelumas

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 02/08/2017, 09:24 WIB
Pelumas Shell.www.shell.com.sg Pelumas Shell.

Jakarta, KompasOtomotif – Penggunaan pelumas untuk kendaraan tidak bisa diremehkan, pasalnya ini salah satu kunci agar mesin bisa awet dan nyama digunakan. Para produsen pelumas berlomba, mencoba berbagai cara demi hadirkan produk yang diklaim berkualitas.

Pelumas merek Shell adalah salah satunya. Selain melakukan pengujian dan pengembangan di ruang laboratorium, mereka juga membuktikan olinya di lintasan balap, dengan menggandeng Ferrari di Formula 1 dan Ducati pada ajang MotoGP, serta ajang  balap lainnya.

“Di arena balap itu kerja oli ekstrem, mereka dituntut untuk memiliki performa tinggi, kemampuannya bukan hanya awet (menjaga mesin mobil atau motor balap) tapi juga harus bisa memberikan kemenangan (lewat performa mesin yang ikut terjaga). Itulah kami bergandengan dengan tim balap,” ujar Shofwatuzzaki, Shell Lubricants Techical Advisor Indonesia, Selasa (1/8/2017).

Pria dengan sapaan Zaki ini menambahkan, kalau pelumas Shell yang digunakan pada mobil atau sepeda motor di trek, punya spesifikasi sama dengan yang dijual kepada konsumen. Jadi ketika produk tersebut sudah digunakan tim balap, paling tidak sudah teruji kemampuannya.

“Teknologi yang kami gunakan sama. Jadi itu suatu kelebihan (digunakan oleh tim balap), pasalnya rata-rata mereka selalu ingin menggunakan komponen yang harus bagus, salah satunya pelumas,” ucap Zaki. 

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM