Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balapan Selalu Jadi Ajang Pembuktian Kualitas Pelumas

Kompas.com - 02/08/2017, 09:24 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Penggunaan pelumas untuk kendaraan tidak bisa diremehkan, pasalnya ini salah satu kunci agar mesin bisa awet dan nyama digunakan. Para produsen pelumas berlomba, mencoba berbagai cara demi hadirkan produk yang diklaim berkualitas.

Pelumas merek Shell adalah salah satunya. Selain melakukan pengujian dan pengembangan di ruang laboratorium, mereka juga membuktikan olinya di lintasan balap, dengan menggandeng Ferrari di Formula 1 dan Ducati pada ajang MotoGP, serta ajang  balap lainnya.

“Di arena balap itu kerja oli ekstrem, mereka dituntut untuk memiliki performa tinggi, kemampuannya bukan hanya awet (menjaga mesin mobil atau motor balap) tapi juga harus bisa memberikan kemenangan (lewat performa mesin yang ikut terjaga). Itulah kami bergandengan dengan tim balap,” ujar Shofwatuzzaki, Shell Lubricants Techical Advisor Indonesia, Selasa (1/8/2017).

Pria dengan sapaan Zaki ini menambahkan, kalau pelumas Shell yang digunakan pada mobil atau sepeda motor di trek, punya spesifikasi sama dengan yang dijual kepada konsumen. Jadi ketika produk tersebut sudah digunakan tim balap, paling tidak sudah teruji kemampuannya.

“Teknologi yang kami gunakan sama. Jadi itu suatu kelebihan (digunakan oleh tim balap), pasalnya rata-rata mereka selalu ingin menggunakan komponen yang harus bagus, salah satunya pelumas,” ucap Zaki. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com