Makin Banyak Merek Top Ikut Balap Formula Listrik - Kompas.com

Makin Banyak Merek Top Ikut Balap Formula Listrik

Donny Apriliananda
Kompas.com - 31/07/2017, 13:23 WIB
Porsche tinggalkan balapan ketahanan untuk berpindah ke Formula E mulai 2019.Porsche Porsche tinggalkan balapan ketahanan untuk berpindah ke Formula E mulai 2019.

Munich, KompasOtomotif – Tuntutan menghadirkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan semakin tinggi. Salah satu indikatornya, ajang Formula E atau balap single seater mirip F1 tapi menggunakan teknologi mobil listrik, makin banyak peminat. Terbaru, Porsche memutuskan bergabung pada 2019.

Merek mobil sport itu mengonfirmasi rumor sebelumnya, dan akhirnya bergabung dengan merek-merek top lainnya macam Mercedes-Benz, BMW, dan Audi yang lebih dulu mengonfirmasi keikutsertaan.

Balapan ini pun siap dijadikan laboratorium untuk pengembangan mobil listrik oleh para pabrikan. Teknologi yang dipakai pada Formula E bisa saja diturunkan pada mobil-mobil listrik produksi massal.

Porsche yang punya sejarah kuat di balap ketahanan pun akhirnya ”beranjak elektrik”. Pemenang balap ketahanan 24 jam Le Mans kelas LMP1 itu saat ini masih ikut beberapa seri, termasuk GT class di FIA World Endurance Championship, hingga IMSA WeatherTech SportsCar Championship series.

Keputusan ini sudah sesuai dengan arahan strategi perusahaan sampai 2025, yang akan punya mobil GT dan mobil sport full elektrik, termasuk all-electric Porsche Mission E.

”Masuk ke Formula E dan sukses di kategori ini adalah hasil yang logis jika melihat misi kami untuk Mission E. Kebebasan mengembangkan teknologi sendiri membuat Formula E menarik perhatian kami,” ucap Michael Steiner, Salah satu eksekutif di penelitian dan pengembangan Porsche.

Perusahaan mengakui, butuh langkah lebih banyak untuk mengembangkan mobil balap Formula E, sembari tak melepaskan tradisi juara di balap GT.

PenulisDonny Apriliananda
EditorAgung Kurniawan
SumberFormula E
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM