Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2017, 09:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Pasar otomotif terbesar ketiga Asia Tenggara, Malaysia, diperkirakan meningkat sampai akhir tahun dengan pertumbuhan volume 1,7 persen. Ini lantaran sentimen konsumen yang mulai membaik di tengah ekspansi ekonomi yang cepat.

Angkanya kemungkinan bakal menyentuh 590.000 unit tahun ini, tidak berubah dari proyeksi yang disebutkan pada Januari lalu, menurut Malaysian Automotive Association (MAA). Tahun lalu, penjualan total mobil 580.124 unit.

"Kepercayaan konsumen diperkirakan akan membaik setelah perbaikan ekonomi. Kenaikan kepercayaan konsumen diharapkan bisa mendongkrak penjualan kendaraan," ujar pihak MAA mengutip Nikkei, Selasa (25/7/2017).

Penjualan enam bulan pertama tumbuh 3,3 persen dari dari tahun sebelumnya, menjadi 284.461 unit, sementara jumlah produksi turun 2,9 persen, atau hanya mencapai 255.318 unit. Khusus di bulan Juni, volume turun 12 persen menjadi 50.275 unit (year on year).

Tekanan Berat

Industri otomotif Malaysia mendapat tekanan sejak tahun lalu, karena konsumen menunda atau membatalkan pembelian demi mengatasi kenaikan biaya hidup, di tengah tanda-tanda perlambatan ekonomi. Kredit bank yang ketat juga membebani pembelian kendaraan.

Analis mengatakan, rencana peluncuran model massal ke pasar, ditambah dengan promosi penjualan khas akhir tahun, akan membantu mendorong penjualan di paruh kedua tahun ini. Namun, pendapatan dan margin di sektor otomotif, bisa tetap tidak bersemangat karena risiko mata uang.

"Kami tidak memperkirakan semester kedua tahun ini akan lebih kuat dari tahun lalu. Mata uang tetap menjadi perhatian utama dalam waktu dekat, karena setiap kekalahan ringgit akan menaikkan biaya kendaraan dan komponen impor," ujar Mohd Shanaz Noor Azam, Analis CIMB Investment Bank.

Ringgit telah naik 4,9 persen terhadap dolar Amerika Serikat sejauh ini, meskipun kenaikan tersebut terjadi setelah penurunan 20 persen sejak 2015.

Perusahaan Otomobil Kedua, sebagai unit dari UMW Holdings dan produsen mobil terbesar di negara itu, akan meluncurkan mobil kompak dan sedan baru di semester kedua. Honda, yang sebagian besar didistribusikan dan dirakit oleh DRB-Hicom di Malaysia, juga berencana meluncurkan model kendaraan sport hybrid dan sport.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com