Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ignis Cuma Butuh 3 Bulan "Kudeta Pasar City Car"

Kompas.com - 19/07/2017, 16:13 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah meluncur resmi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, April lalu, Suzuki Ignis resmi ”mengkudeta” pucuk pimpinan segmen city car. Mobil yang diimpor utuh dari India itu menggantikan posisi Honda Brio yang dalam setahun terakhir berkibar di puncak.

Menariknya, pergeseran perolehan penjualan itu diraih hanya dalam waktu tiga bulan setelah mobil diluncurkan. Cukup singkat, dan kini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tinggal ”memelihara” raihan itu agar tetap apik bermain di ranah city car di tengah makin banyaknya pilihan mobil di segmen lain.

Data wholesales (distribusi pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per Juni 2017 menunjukkan, SIS mampu mengirim total Ignis 5.524 unit, diakumulasikan sejak Maret 2017 yang masih berstatus sebagai pengiriman awal.

Secara konsisten SIS mengirim Ignis beruturut-turut sejak Maret 2017 yakni 91 unit, 2.476 unit (April), 1.695 unit (Mei), dan 1.262 unit (Juni). Ada kecenderungan menurun karena euforia yang mulai kendor.

Sementara Honda Brio harus tertahan di bawah Ignis dengan total wholesales 5.295 unit. PT Honda Prospect Motor (HPM) tak mampu menggenjot pengiriman pada Juni 2017 yang turun 44,5 persen dari Mei, yakni cuma 668 unit.

Sementara di bawahnya masih mengintip Nissan March, Mitsubishi Mirage, Daihatsu Sirion, dan Toyota Etios Valco untuk posisi 3, 4, 5, dan 6. Masing-masing membukukan penjualan total selama semester pertama 1.563 unit (March), 1.076 unit (Mirage), 815 unit (Sirion), dan 500 unit (Etios).

Duet Korea Selatan, Kia Picanto dan Hyundai i10 masih merayap di dua posisi terakhir dengan penjualan total satu semester mencapai masing-masing 86 dan 66 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com