Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Indonesia “Percaya Diri” dengan CX-5

Kompas.com - 13/07/2017, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Banyuwangi, KompasOtomotif –  Model terbaru Mazda untuk pasar dalam negeri CX-5, ternyata jadi salah satu simbol kepercayaan diri untuk bisa bertarung. Diluncurkan resmi pada Agustus 2017 mendatang, CX-5 diharapkan bisa terjual sampai 1.000 unit.

Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengatakan, kalau model ini juga akan membantu mendorong penjualan Mazda di Indonesia sampai akhir 2017. Meski memang, sumbangsih terbesarnya masih dipegang Mazda2.

“Tahun ini memang kami sudah menghitungnya, kalau launching CX-5 baru itu akan membantu mendorong penjualan keseluruhan Mazda dari 5.000 unit menjadi 6.000 unit. Mazda2 dua menjadi harapan nomor 1 dengan kontribusi sekitar 30 persen, disusul CX-5, Biante, baru kemudian CX-3 dan yang lainnya,” ucap Roy, Rabu (12/7/2017).

Terbatas Kuota

Sayangnya, saat target yang dipatok mencapai 1.000-an unit, kuota CX-5 terbaru prinsipal yang disediakan untuk Mazda Indonesia terbatas. Roy menyebutkan, kalau pihaknya hanya kebagian jatah 600 unit sampai 700 unit, di mulai dari Agustus 2017,” ujar Roy.

“Kami mendapat alokasi tahun ini kira-kira 600-an unit, karena terus terang tipe ini cukup favorit di negara-negara lain, dan kebetulan produksinya hanya ada di Jepang. Jadi apa boleh buat dan harus bagi-bagi jatah, di mana Indonesia hanya kebagian itu,” ucap Roy.

Melihat data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tahun lalu CX-5 berhasil sampai 1.391 unit. Namun, itu adalah angka dari hasil jualan 12 bulan. Sementara untuk kali ini, , Mazda Indonesia percaya dalam waktu kurang dari enam bulan, bisa sampai sekitar 1.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com