Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Siapkan Strategi Tekan Pemudik Motor pada 2018

Kompas.com - 12/07/2017, 12:45 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berencana menekan angka pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi pada tahun 2018, khususnya pengguna sepeda motor. Hal ini tentu tidak lepas dari upaya untuk meminimalkan angka kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi selama musim mudik.

Cara tersebut akan ditempuh dengan mengoptimalkan moda transportasi umum, baik di darat, udara, maupun laut. Tujuannya agar pemudik kendaraan pribadi, beralih menggunakan angkutan umum.

Baca : Angka Kecelakaan Mudik 2017 Diklaim Turun

Untuk sepeda motor, Menhub sudah punya cara agar pemudik tidak lagi jarus bersusah payah berkendara ke kampung halaman. Salah satunya adalah dengan membuka penyewaan roda dua di lokasi tujuan.

"Misalnya dari Jakarta ikut mudik gratis atau naik angkutan umum. Sampai daerah tujuan bisa menyewa sepeda motor. Upaya-upaya ini diharapkan pemudik motor akan pindah menggunakan angkutan umum," ucap Menhub dalam siaran Biro Komunikasi dan Informasi Publik.

Pemudik bersepeda motor melintasi Jalur Pantura Indramayu - Cirebon, Jawa Barat, Jumat (23/6/2017). Pada H-2 Lebaran, jalur Pantura dipadati kendaraan pemudik khususnya kendaraan roda dua.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemudik bersepeda motor melintasi Jalur Pantura Indramayu - Cirebon, Jawa Barat, Jumat (23/6/2017). Pada H-2 Lebaran, jalur Pantura dipadati kendaraan pemudik khususnya kendaraan roda dua.

Langkah ini tentu juga akan dibarengi dengan revitalisasi moda transportasi umum lainnya. Mulai dari bus, kereta, pesawat terbang, serta kapal laut. Cara ini diambil untuk menarik minat masyarakat, sekaligus mengurangi risiko kecelakaan yang kebanyakan dialami oleh roda dua.

Melihat data kecelakaan lalu lintas secara jumlah pada musim mudik tahun ini memang berkurang, namun tetap saja memakan korban jiwa. Beberapa waktu lalu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Royke Lumowa, mengatakan jumlah korban fatalitasi di musim mudik 2017 turun 41,2 persen, dari 1.261 korban meninggal pada 2016 menjadi 742 orang, berkurang 519 korban.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com