Ini Detail Eksterior dan Interior Baru Mazda CX-5 - Kompas.com

Ini Detail Eksterior dan Interior Baru Mazda CX-5

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 12/07/2017, 07:42 WIB
All-New Mazda CX-5.Ghulam/KompasOtomotif All-New Mazda CX-5.

Malang, KompasOtomotif – Setelah menggebrak pasar otomotif pada Maret 2017 lalu, satu persatu "peluru" Mazda untuk bertarung di dalam negeri mulai dimunculkan. Kali ini giliran sport utility vehicle (SUV) miliknya CX-5.

Untuk pasar Indonesia, CX-5  diimpor langsung dari Jepang, dan baru akan diperkenalkan resmi pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIAS) 2017. Dibanding dengan sebelumnya, tampilan eksterior generasi kedua CX-5 ini mendapat sentuhan baru.

Disebut memiliki desain eksterior yang dinamis ya g telah berevolusi dari model sebelumnya. Dari sisi dimensi, All-new CX-5 punya lebar 1.840 mm, dengan jarak antara roda depan sebesar 1.595 mm.

Sementara SUV asal Jepang ini punya ukuran panjang 4.550 mm, atau lebih 10mm dari model sebelumnnya.  “Efeknya, membuat mobil sedikit lebih besar dan mempengaruhi dimensi-dimensi yang lainnya, utamanya di interior,” ujar Bonar Damarjati Pakpahan, Product Planning Expert Eurokars Motor Indonesia (EMI), Selasa (11/7/2017).

Baca: Sebelum Meluncur, Mazda CX-5 Terbaru ?Digeber? Malang-Bali

All-New Mazda CX-5.Ghulam/KompasOtomotif All-New Mazda CX-5.

Baik varian CX-5 GT mapupun Elite, sudah dilengkapi dengan lampu LED dengan desain lebih menyipit dengan teknologi optical-axis-adjustment auto leveling, untuk mengatur tinggi dan rendah jatuhnya pencahayaan.

Menemani lampu utama, mobil ini juga dilengapi dengan LED foglamp. Produk yang pernah dipajang pada Geneva Motor Show 2017 lalu, mengalami revisi pada bagian gril depan, yang secara keseluruhan merupakan evolusi dari bahasa desain Mazda.

“CX-5 memiliki profil yang sederhana tapi elegan, dengabn tongkrongan (stance) yang kokoh, di mana transisi antara satu permukaan mobil dan sisi lainnya memperlihatkan ekspresi pencahayaan yang bagus dan indah. Kedua varian ini dilengkapi velg berukuran 19 inci berdesain baru,” ucap Bonar.

Konsumen dalam negeri kini bisa memiliki enam warna terbaru Mazda CX-5, seperti Soul Red Crystal Metallic, Machine Grey Metallic, Jet Black Mica, Meteor Grey Mica, Sonic Silver Metallic, dan Snow Flake White Pearl Mica.

Dasbor CX-5 yang tampak jelas dari model sebelumnya.Ghulam/KompasOtomotif Dasbor CX-5 yang tampak jelas dari model sebelumnya.

Interior

Bagian dalam kabin Mazda dibalut seluruhnya dengan nuansa hitam, dengan beberapa perbaikan dari model CX-5 lawas, sehingga lebih terasa kesan mewah. Kali ini layar head unit nampak hanya sekedar menempel (bukan menyatu) dengan dasbor, yang juga menjadi pembeda dari model sebelumnya.

“Bahwa kali ini improvement itu lebih kepada bagian yang terperinci dari kabin mobil, dan juga untuk meningkatkan image premium, ketimbang CX-5 yang sebelumnya. Karena memang arahnya brand Mazda secara keseluruhan,” ujar Bonar.

Bagian kemudi sudah disematkan tombol-tombol untuk mengoperasikan head unit (steering switch). Lalu ada lagi sunroof untuk menambah kesan mewah pada SUV baru Mazda ini. Posisi kursi penumpang dan pengemudi (tipe elite) bisa diatur secara  elektronik, bahkan bisa disimpan ke memori switch.

“Bicara intertior, kursi baris kedua memiliki konfigurasi 40-20-40, di mana dalam keadaan tegak volume 442 liter. Sementara jika direbahkan akan bertambah menjadi 1.342 liter.

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM