Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skandal ”Dieselgate” Menular ke Porsche

Kompas.com - 11/07/2017, 17:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Reuters

Stuttgart, KompasOtomotif – Skandal dieselgate Audi-VW menjadi ”wabah” dan menulari merek-merek di bawah naungan grup. Terbaru, Porsche pun kena getahnya setelah kantor kejaksaan Stuttgart mengungkapkan bahwa merek mobil sport itu sedang diselidiki karena melakukan penipuan dan periklanan palsu.

Reuters (10/7/2017), melaporkan penyelidikan terkait penggunaan mesin diesel oleh perusahaan, dan jaksa Jan Holzner mengatakan ada alasan untuk mencurigai bahwa karyawan Porsche telah melakukan penipuan dan periklanan palsu dengan mempromosikan mesinnya.

Porsche juga dilaporkan sedang bekerjasama dengan penyelidikan tersebut, dan perusahaan mengatakan bahwa mereka memulai kontak dengan jaksa sebelum penyelidikan dilakukan secara resmi.

Kantor kejaksaan menolak memberikan keterangan secacar spesifik, namun penyelidikan tampaknya berpusat pada mesin diesel 3.000 cc yang disematkan untuk Porsche Cayenne. Mesin itu dipasok oleh Audi yang sedang menghadapi penyelidikan serupa oleh jaksa di Munich, Jerman.

Sementara penyelidikan masih dalam tahap awal, namun ini bisa menimbulkan beberapa tuduhan serius. Baru minggu lalu, karyawan Audi Giovanni Pamio ditangkap karena kecurangan dan iklan palsu. Kabarnya Audi memesan karyawan untuk mengembangkan perangkat lunak demi menghindari standar emisi di Amerika Serikat.

Bulan lalu, Der Spiegel melaporkan TUV Nord menemukan bahwa Cayenne menghasilkan emisi berlebih yang ”tidak akan disetujui oleh pihak berwenang”. Namun, Porsche membantah klaim tersebut sebagai ”hal yang tidak dapat dipahami”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com