Perang Teknologi Antar Mitsubishi, Toyota dan Honda - Kompas.com

Perang Teknologi Antar Mitsubishi, Toyota dan Honda

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 11/07/2017, 08:01 WIB
Toyota Concept-i.Nikkei Toyota Concept-i.

Tokyo, KompasOtomotif – Para produsen mobil Jepang mulai berebut untuk mengembangkan driver assistance systems, teknologi berdasarkan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Pasalnya saat ini teknologi connected car mulai mengantarkan pada model pengalaman berkendara baru.

Mengutip Nikkei, Senin (10/7/21017) Mitsubishi baru saja meluncurkan suatu sistem pribadi AI bernama Risa, sementara Toyota mengerjakan sebuah mobil konsep yang disebut Concept-i.

Risa pertama kali meluncur di Automotive Engineering Exposition 2017 Yokohama pada Mei 2017. Sistem ini menggunakan teknologi dan kamera canggih untuk memahami maksud dan kondisi pengemudi (fisik dan emosional), bahkan memberikan informasi yang relevan.

Muneyoshi Namba, pejabat senior Mitsubishi Motors yang bertanggung jawab atas pengembangan teknologi kendaraan mengatakan, merek mobil lain tentunya juga mengembangkan sistem AI serupa, tapi Risa tampak lebih unik.

Risa disebut sebagai sistem pertama yang telah memungkinkan untuk menerima informasi dari luar mobil, untuk membantu pengemudi. Untuk melakukan ini, Risa terhubung dengan Pepper dari SoftBank (robot humanoid), untuk mengembangkan pemahaman tentang pengemudi dan penumpang.

Risa juga bisa meningkatkan sisi keamanan, di mana menggunakan kamera untuk memantau kantuk pengemudi, konsentrasi dan keadaan lainnya. Jika pengemudi lelah, Risa menyarankan istirahat.

Toyota

Sementara Toyota memiliki sistem bantuan pengemudi yang menggabungkan AI dengan teknologi self-driving. Sistem ini telah digunakan dalam Concept-i baru mereka, yang memulai debutnya di Consumer Electronics Show 2017 di Las Vegas pada Januari 2017 lalu.

Sistem memonitor lingkungan luar, keadaan fisik dan emosional pengemudi melalui kamera serta komponen lainnya. Jika mendeteksi stres atau kelelahan, dan merasa tidak yakin dengan kemampuan pengemudi mengoperasikan mobil, sistem ini menyarankan beralih ke mode otonomos.

Dalam situasi berbahaya, seperti kendaraan yang secara tak terduga menyimpang dari jalurnya, sistem secara otomatis beralih ke mode otonomos dan memperbaiki kesalahannya. Toyota Research Institute, anak perusahaan Toyota di Amerika Serikta yang didirikan pada 2016, juga berpartisipasi dalam pengembangan Concept-I ini.

Pembuat mobil papan atas Jepang ini, merencanakan test drive untuk beberapa model mobilnya yang disematkan beberapa fungsi Concept-i di jalan umum Jepang, dalam beberapa tahun ke depan.

Terakhir adalah Honda, yang pada April tahun ini, Honda R&D mendirikan sebuah organisasi yang bertanggung jawab khusus untuk mengembangkan AI, robot dan komponen-komponen terkait. Namun, jenis teknologinya secara detail belum diinformasikan.

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM