Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Panigale 1299 R Final Edition, Meluncur untuk Digusur

Kompas.com - 10/07/2017, 18:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotifDucati akhirnya meluncurkan Panigale 1299 R Final Edition (FE), (8/7/2017), di Peeble Beach, California. Model ini ”diaspalkan” berbarengan dengan seri balap World Superbike di Mazda Raceway Laguna Seca, akhir pekan ini.

Sepeda motor itu pun menjadi penanda terakhir Ducati Panigale yang menggunakan mesin L-Twin. Panigale 1299 R-FE meluncur untuk kemudian digantikan dengan generasi baru mesin V4 yang akan disematkan pada generasi selanjutnya.

Peluncuran ini dilakukan langsung oleh CEO Ducati Claudio Domenicali, didampingi pebalap Ducati di World Superbike, Marco Melandri dan Chaz Davies.

”Kita merayakan sejarah datangnya era baru sistem desmodromic pada mesin generasi V4 yang diturunkan dari pengalaman berharga MotoGP. Tapi itu adalah masa depan, dan hari ini kita menikmati mesin silinder kembar, dan beterima kasih untuk torsi luar biasa serta ukuran yang compact,” ujar Domenicali.

Ubahan visual yang paling tampak adalah corak warna dan knalpot titanium.Asphaltandrubber Ubahan visual yang paling tampak adalah corak warna dan knalpot titanium.
Panigale 1299 R-FE sebenarnya adalah Panigale R yang mesin 1.198 cc-nya sudah diganti dengan tipe 1.285 cc plus beberapa ubahan signifikan. Ducati tidak akan memproduksi secara masif, tapi bukan termasuk edisi terbatas.

Ada beberapa komponen yang digunakan Superleggera pada R-FE, namun blok mesinnya besi baja (bukan titanium), dipadu dengan katup dan connecting rod titanium. Tenaganya naik, jadi 209 tk. Bandingkan dengan Panigale 1299 S atau R yang berada di level 196 tk.

Torsi juga naik dari 136,9 Nm menjadi 141 Nm. Instalasi pipa gas buang terbuat dari titanium, sama seperti Panigale untuk WSBK. Bobot berkurang dari 166,4 kg menjadi 161,9 kg.

Secara visual, perbedaan terbesar dari R-FE ini adalah livery tiga warna dan penampakan pipa gas buang titanium. Secara umum hampir sama, meski perubahan secra kasat mata menunjukkan identitas berbeda dan layak untuk dijadikan tunggangan yang bisa dibanggakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com