Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Swakemudi Khusus Kirim Barang Antar Kota

Kompas.com - 08/07/2017, 09:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Stockolm, KompasOtomotif - Berkembangnya teknologi swakemudi ternyata bukan hanya terjadi pada mobil penumpang dan bus, tapi juga pada truk angkutan barang. Pabrikan asal Swedia, Einride, baru saja mengenalkan truk otonomos canggih yang akan digunakan sebagai moda kargo.

Baca : Upaya Volvo Truk Turunkan Angka Kecelakaan Jalan

Dilansir dari Carscoops, truk bernama T-pod ini benar-benar didesain khusus untuk angkutan barang. Dibalik desain futuristiknya, truk ini tidak memiliki ruang kemudi, bahkan rem, pedal gas, dan setir pun tidak ada, semuanya serba otomatis dan dikendalikan melalui remote kontrol jarak jauh yang memiliki bentuk layaknya dasbor mobil.

"Keberadaan truk ini cukup penting, saat ini bukan hanya fokus pada bisnis Einride, tapi juga mengenai masa depan transportasi. Melalui teknologi, kami mampu menciptakan sebuah sistem untuk masa depan," ujar CEO Enride Robert Falck.

T-Pod T-Pod

Dengan panjang tujuh meter, dan memiliki ruang yang cukup lapang, T-pod mampu mengangkut dan mengirim barang hingga 15 palet. Tenaga listrik yang digunakannya berasal dari baterai dengan daya 200 kWh.

Baca : Pasar Truk di Indonesia Masih "Jadul"

Truk ini pun diklaim mampu berjalan hingga jarak 200 km dalam satu kali pengisian baterai. Sedangkan untuk kesiapannya dalam beroperasi, saat ini dinilai sudah mendekati 60 persen.

Rencananya, Einride akan memproduksi T-pod sebanyak 200 unit hingga 2020 mendatang. Nantinya truk ini akan dimanfaatkan untuk melayani angkutan barang antar kota dengan rute Gothenburg menuju Helsingborg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com