Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GSX-R150 Lambungkan Eskpor Suzuki

Kompas.com - 07/07/2017, 16:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – GSX 150 cc tak hanya melambungkan Suzuki di pasar domestik, tetapi juga mendongkrak kekuatan perusahaan untuk mengekspor. Tercatat, GSX-R150 (model sport fairing) mengatrol angka ekspor PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hingga 219 persen per Mei 2017!

Baca: ?GSX Effect? Kerek Penjualan Suzuki Indonesia

Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), khusus Mei saja, Suzuki melempar 3.999 unit sepeda motor ke pasar luar negeri. Bandingkan dengan April yang masih berada di level 1.250 unit. Selama lima bulan pertama tahun ini, merek logo ”S” itu sudah mengekspor 10.483 unit.

GSX-R150 yang berhasil mengatrol penjualan di dalam negeri, pada Mei 2017 menyumbang 963 unit untuk ekspor. Memang, kenaikan mencapai 200 persenan dalam sebulan itu tak serta merta disumbang si ”Gixer”, skutik Address juga melonjak dari level 1.000-2.000 sebulan menjadi 3.000-an.

Dalam kesempatan tes GSX-R150 beberapa waktu lalu di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Seiji Itayama, Managing Director 2W SIS sudah pernah mengindikasikan bahwa motor ini punya beban cukup besar.

Harapannya saat itu diutarakan bahwa SIS memproduksi sampai 1 juta unit. Angka tersebut sudah termasuk langkah ekspor ke beberapa kawasan seperti Jepang, Eropa, ASEAN, Amerika Selatan, Australia, hingga Timur Tengah.

Kendati sama, namun secara detail GSX-R150 yang dipasarkan di Indonesia dan ekspor bakal beda spesifikasi. Knalpot akan didesain untuk menyesuaikan regulasi emisi. Mesin juga tak menyandang kapasitas silinder 150 cc, melainkan 125 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com