Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Volvo Truk Turunkan Angka Kecelakaan Jalan

Kompas.com - 06/07/2017, 19:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Gothenborg, KompasOtomotif – Produsen truk asal Swedia, Volvo, hadirkan program “Volvo Trucks Safety Experience Day” atau edukasi dan kampaye keselamatan di jalan untuk Volvo di seluruh dunia, pada 4-5 Juli 2017. Kegiatan ini juga menandai kalau keselamatan jadi dasar Volvo Trucks dalam menciptakan produk.

Selain itu, goal kegiatan ini juga memberikan pengetahuan lebih dalam tentang fitur keselamatan, yang telah di dibuat, sebagai upaya menurunkan kecelakaan di jalan raya sampai 0 persen.

“Memotong angka kecelakaan di jalan raya adalah isu global yang sangat penting. Itulah mengapa kami ingin menciptakan truk sesuai dengan keadaan dan riset yang dilakukan, agar bisa mengurangi kecelakaan saat ini, " ujar Peter Wells, Kepala Tim Peneliti Kecelakaan Truk Volvo dalam siaran resminya, Kamis (6/7/2017).

Sekitar 35 persen pengguna jalan rentan menderita luka parah atau korban jiwa dalam kecelakaan yang melibatkan truk berat. Dengan meningkatnya keberadaan orang dan kendaraan di jalan, ada risiko cedera yang meningkat, kecuali jika tindakan serius mulai dilakukan.

Istimewa Simulasi safety oleh Carl Johan Almqvist, Direktur Keselamatan Lalu Lintas & Produk Truk Volvo.

"Untuk menurunkan tingkat kecelakaan perlu terus dikembangkan sejumlah solusi teknis, yang bisa membantu pengemudi truk menghindari situasi yang berpotensi berbahaya. Selain itu, semua pengguna jalan perlu lebih sadar akan risiko yang ada di lingkungan lalu lintas dan bagaimana cara terbaik menguranginya, " ujar Carl Johan Almqvist, Direktur Keselamatan Lalu Lintas & Produk Truk Volvo.

Laporan Keselamatan Truk Volvo 2017, didasarkan pada penyelidikan kecelakaan dan data dari berbagai otoritas nasional dan Eropa. Salah satu kesimpulan laporan tersebut, yaitu adanya kebutuhan yang lebih besar, untuk fokus pada pengurangan risiko bagi pengguna jalan yang rentan, seperti pejalan kaki, pesepeda, pengendara mobil dan sepeda motor.

"Dalam satu dekade terakhir, kecelakaan serius yang melibatkan truk-truk besar jumlahnya menurun hampir separuh di Eropa. Namun, kecelakaan truk yang melibatkan pengguna jalan belum berkurang sampai batas yang sama," kata Almqvist.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com