Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki GSX-R Masa Depan Bertenaga Baterai

Kompas.com - 05/07/2017, 19:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber visordown

California, KompasOtomotif – Kita seolah-olah sudah berada di penghujung masa revolusi sepeda motor menuju tenaga baterai, alias motor listrik. Meski, kenyataannya tak banyak yang terealisasi. Namun Suzuki tetap punya strategi ke arah tersebut dengan menyiapkan GSX-R bertenaga listrik.

Hal ini diketahui dari bocornya dokumen pematenan produk yang menggambarkan teknologi masa depan sepeda motor sport Suzuki. Memang belum tentu terealisasi juga, namun setidaknya, tim riset dan pengembangan pabrikan Jepang itu sudah pernah merancangnya.

Dilihat dari gambar, pola desain motor listrik Suzuki ini berbeda dengan kebanyakan merek lain. Mesin motor dipasang longitudinal, lalu disambungkan dengan roda gigi dengan transmisi enam percepatan.

Girboks dengan banyak percepatan yang dipasangkan pada motor listrik bukanlah hal baru. Sistem ini masih bisa diterima, karena persebaran torsi dan range putaran mesin yang fleksibel. Banyak gigi justru dianggap memberi keuntungan berbeda.

Girboks seperti ini memberikan fleksibilitas yang sangat baik, dan bakal gampang diterima oleh pengendara yang biasa memakai sepeda motor berbahan bakar. Artinya, bakal ada kopling juga, merupakan hal tak biasa ditemui pada sepeda motor listrik.

Motor tampak lebih panjang, memberikan ruang pada fairing untuk meletakkan panel baterai. Demi menjaga area baterai ini bersih, sepeda motor menggunakan rangka cradle, seperti GSX-R lawas yang menjadi salah satu ciri khas Suzuki masa lalu.

Gambar pematenan produk itu juga menunjukkan bahwa desain bodi sepeda motor lebih ke arah klasik. Ciri khasnya, buntut kotak dan pelek tiga palang. Tapi jika nanti diproduksi, soal styling bisa sangat mudah diganti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com