Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Unik Mercedes-Benz Tunjukkan Teknologi Swakemudi

Kompas.com - 04/07/2017, 19:35 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sindelfingen, KompasOtomotif – S-Class facelift (W222) mulai diproduksi di Sindelfingen, Jerman, yang merupakan salah satu spot pabrik Mercedes-Benz. Demi menandai momen baik itu, perusahaan menunjukkan kehebatan teknologi swakemudi (otonomos) yang bakal diterapkan pada jajaran produk Mersi.

Setelah melalui proses produksi, S-Class facelift yang pamer diri di Auto Shanghai, April 2017 lalu-dan mulai dijual Juli 2017-”berjalan” sendiri dari area perakitan menuju ruang penyimpanan. Mercedes-Benz mengunggah video proses ”pengiriman otomatis” itu.

Dalam video berdurasi 60 detik, sosok S 560 4Matic berkelir hitam metalik berjalan pelan sendirian, ditemani seorang petugas dari assembly line di sisi kanan. Sisi pengemudi tak diisi seorang pun, dan setir tampak berputar mengikuti jalur yang tersedia. Mobil berjalan sekitar 1,5 km ke area loading.

captured from YouTube Proses pengemudian sendiri Mercedes-Benz S-Class.
Mobil tersebut memang belum dilengkapi peranti otonomos murni yang terpasang pada sistem. Mercedes-Benz memasanginya dengan berbagai perlengkapan tambahan, seperti kamera pada atap pengemudi. Mobil juga dibantu sensor ultrasonik, dan radar.

Para insinyur lalu menyambung hasil penggabungan visual dan data dari peranti tersebut dengan peranti lunak khusus yang baru saja dikembangkan. Software ini membantu menggerakkan pedal gas dan rem S-Class secara independen.

Program uji coba ini akan terus dikembangkan dan kemungkinan besar akan dikembangkan sebagai sistem pengemudian otomatis. Hal ini akan sangat membantu staf produksi untuk memindahkan mobil dari ruang perakitan menuju lokasi lain yang diinginkan.

Berikut videonya:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com