Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Tahun Ini, Jadi "Berkah" Toyota Indonesia

Kompas.com - 04/07/2017, 07:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mengkhiri event lebaran di bulan terakhir semester pertama 2017, raksasa otomotif Indonesia asal Jepang, Toyota, meraih kenaikan penjualan signifkan. Lonjakannya mencapai angka 29 persen jika dibanding periode lebaran tahun lalu (Juli).

Dari informasi yang diberikan Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, jumlah total retail sales lebaran 2017 (Juni/Juli) mencapai 27.873 unit. Sementara pada musim lebaran tahun lalu, hanya 21.650 unit.

“Kenaikan tersebut sudah diperkirakan akan lebih tinggi, jika dibanding dengan tahun lalu, pasalnya lebaran kali ini jatuh di akhir bulan. Sementara tahun lalu di awal bulan.,” ujar Soerjo kepada KompasOtomotif, Senin (3/7/2017).

Soerjo menambahkan, kalau kontribusi terbesarnya masih diberikan oleh model MPV sejuta umat Avanza, dengan kontribusi 30 persen. Kemudian diikuti oleh pendatang baru di segmen mobil murah (KBH2/LCGC) Calya, dengan sumbangsih 20 persen.

“Model Avanza terjual sampai 8.500 unit (30 persen), lalu Calya sebanyak  5.500 unit (20 persen). Kemudian juru kunci di posisi tiga besar ada Innova mencapai 4.000 unit (15 persen),” ucap Soerjo.

Melongok situs resmi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sampai saat ini belum merilis data resmi pencapaian merek-merek mobil Juni 2017.

Gaikindo Penjualan mobil Januari-Mei 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com