Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2017, 13:05 WIB
Aris F Harvenda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Berniat menjual mobil? Ada tiga hal penting yang berpotensi ”menjatuhkan” harga jual dan inilah yang seharusnya diperhatikan oleh calon pembeli agar tidak rugi.

Chief Operating Officer Mobil 88 Fischer Lumbantoruan mengatakan, mobil bekas ada yang dikategorikan tidak normal, dalam artian bermasalah, mulai surat-surat sampai historis kendaraan.

"Bahkan harganya bisa turun sampai 30 persen,” ujar Fischer kepada KompasOtomotif beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, ada tiga hal yang akan membuat harga mobil bekas ”terjun bebas”. Berikut penjelasannya:

1. Dokumen tidak lengkap, palsu, duplikat, atau bermasalah. Pastikan BPKB, faktur, form A (untuk mobil impor), sampai blangko kuitansi masih lengkap. Buku servis tidak terlalu riskan, tapi lebih baik disertakan.

”Contoh, mobil atas nama perusahaan, tapi tidak disertai pelepasan hak. Ini tidak akan bisa balik nama. Atau mobil sedang diblokir, karena terlibat masalah pembiayaan, penggelapan, bahkan kriminal. Kalau ini prosesnya akan susah,” jelas Fischer.

2. Bekas kecelakaan yang mengubah struktur. Misalnya, kecelakaan yang menyebabkan sasis tak lagi normal. Struktur mobil berubah karena kecelakaan dijamin akan membuat mobil tak lagi normal. Dikatakan Fischer, untuk mengetahui ciri-cirinya memang butuh pengalaman.

3. Bekas banjir. Itulah kenapa di iklan-iklan sering dikatakan ”mobil bebas banjir”, karena memang efeknya luar biasa terhadap mobil, sama seperti bekas tabrakan. Setelah terendam, dipastikan ada hal-hal kecil yang akan bermasalah, termasuk kelistrikan dan kebersihan mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com