Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Kia Paling Santai, Mitsubishi Paling "Bawel"

Kompas.com - 27/06/2017, 08:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

California, KompasOtomotif - Kia sukses menempati posisi tertinggi di daftar kepuasan pelanggan otomotif yang dilakukan JD Power. Produsen asal Korea Selatan ini berhasil mengalahkan 33 merek mobil lainnya dari beragam negara.

Prolehan peringkat teratas diambil dari jumlah keluhan yang dilakukan konsumen terhadap produk. Selama 90 hari, Kia hanya memperoleh 72 keluhan yang dilaporkan dari 100 unit mobil selama 90 hari pertama kepemilikan.

Baca : Ini "Jagoan" Kia untuk Lawan C-HR dan Juke

Pada posisi kedua, ditempati Genesis yang menjadi divisi mobil sport dari Kia dan Hyundai dengan 77 keluhan dari 100 mobil. Sedangkan urutan ketiga di raih Porsche dengan jumlah 78 keluhan.

Dari sisi produsen asal Jepang, Toyota mendapat 95 keluhan, lebih baik dibandingkan Honda yang meraih 105 keluhan. Sedangkan untuk keluhan terbanyak diraih oleh Mitsubishi dengan total 131 keluhan.

JD Power

"Produsen otomotif menanggapi umpan balik konsumen dari tahun-tahun sebelumnya dan memproduksi kendaraan dengan kualitas terbaik. Pelaku industri sudah meningkatkan kalitasnya secara signifikan dalam tiga tahun terakhir," kata Dave Sargent, Vice President Global Automotive JD Power, yang dikutip Motor1.

Selama survei, JD Power Amerika Serikat melibatkan 80 ribu responden yang kesemuanya merupakan pemilik mobil baru. Para responden diberikan 233 pertanyaan dalam delapan kategori masalah yang dirancang untuk memberi produsen mobil informasi dan mendorong pabrikan untuk memperbaiki setiap masalah yang ditemukan oleh pelanggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com