Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjatuh, Vinales Rasakan Hal Aneh di Motornya

Kompas.com - 26/06/2017, 08:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Assen, KompasOtomotif – Bertahan berada di posisi puncak klasemen MotoGP sepanjang tujuh seri, Maverick Vinales akhirnya harus rela posisi teratasnya digeser oleh Andrea Dovizioso, setelah terjatuh pada seri kedelapan di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (25/6/2017).

Selain mengaku sulit untuk menjelaskan mengapa bisa terjatuh, Vinales menggambarkan kejadian yang menimpanya kali ini sebagai yang “paling aneh” dalam hidupnya.

“Saya tidak bisa menjelaskan apa yang terjadi, bahkan saya sendiri tidak tahu bagaimana saya jatuh. Ini adalah sesuatu yang paling aneh dalam hidup saya. Tunggangan saya membuat gerakan yang aneh, gerakan yang belum pernah saya alami sepanjang akhir pekan," ujar Vinales.

Namun menurut Vinales, hal yang paling logis yang membuatnya terjatuh karena terlalu memaksakan diri untuk menang, di mana dia harus memacu sepeda motornya dari urutan kesebelas, tanpa mempertimbangkan kemungkinan terburuk.

Kondisi ini membuatnya berpikir, kalau ke depannya jangan sampai dirinya terjebak di posisi start ke-11, dan paling minimal ada di urutan kelima atau keenam saja.

“Apa yang harus kami pelajari hari ini adalah, saya harus berusaha sekuat mungkin untuk tidak berada di posisi 11, kondisi tersebut bisa memaksa saya untuk ngebut tanpa berpikir. Bagaimanapun, di beberapa balapan, yang tercepat belum tentu menang dan akhirnya kami harus belajar dari itu,”  ucap Vinales.

Namun, Vinales masih bersyukur kalau dirinya tidak terlindas oleh Andrea Dovizioso, yang ada di belakangnya dalam insiden tersebut, di mana terjadi di tikungan terakhir pada lap ke sebelas.

“Saya sangat beruntung. Saya harus mengucapkan terima kasih kepada Dovi karena dia tidak menabrak saya. Jika terjadi, itu pasti sudah jauh lebih buruk. Saya masih berjarak empat poin dari pimpinan klasemen, dan saya akan menjadi lebih baik dari satu seri ke seri lainnya,” tutur Vinales.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com