Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza Masih Jadi "Dewi Fortuna" Auto2000

Kompas.com - 23/06/2017, 13:56 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Meski kini Toyota sudah memiliki Calya yang jadi mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) tujuh penumpang, namun bagi Auto2000 Avanza tetap jadi idola. Hal ini dibuktikan dengan angka penjualan yang masih tinggi dibandingkan model Toyota lainnya.

Sejak awal tahun 2017 hingga Mei, Avanza masih mendominasi penjualan Auto2000 dengan persentase mencapai 30 persen atau 21.000 ribuan dibandingkan produk lainnya. Ditambah lagi jelang Lebaran.

Baca : Auto2000 Pede dengan Modal Kuat "Aftersales"

Agus Prayitno, Chief Executive Auto2000, menjelaskan sampai saat ini produk multi porpose vehicle (MPV) masih tinggi, terutama untuk Avanza.

"Avanza tetap tinggi peminatnya, setelah itu Calya dan Innova, termasuk untuk tren saat musim Lebaran. Secara retail kami main untuk Avanza itu sebulan sekitar 4.000 sampai 5.000 unit, itu di Auto2000 area yah," ucap Agus di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/6/2017).

Sedangkan untuk persaingan dengan Calya, menurut Agus tidak ada masalah karena punya pasar yang berbeda. Secara persentase, Calya memang berada tepat di bawah Avanza dengan kontribusi penjualan hingga Mei 2017 sebesar 20 persen atau berada di kisaran 13.500 unit.

Stanly/Otomania Bursa Toyota Kita (Butok) Auto2000

"Punya pasarnya sendiri-sendiri, seperti tukang buah saja, jualan sama-sama tapi punya konsumen yang beda. Tidak jadi masalah untuk Avanza dan Calya, justru yang menarik Innova kami juga tinggi, bahkan kerena permintaan banyak konsumen sampai tidak bebas pilih warna," kata Agus.

Baca : Simak Program "Berkah Ramadhan" Auto2000

Sedangkan untuk market share, menurut Agus sampai saat ini Auto2000 sudah mencapai 36 persen. Angka ini diharapkan bisa bergerak maju dengan makin banyaknya jaringan yang akan dibangun sepanjang 2017 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com