Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tahun Lagi Oli Federal Siap Ekspor

Kompas.com - 23/06/2017, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sambil meningkatkan bisnis di dalam negeri, merek oli lokal, Federal, mulai bersiap untuk menjajaki pasar ekspor. Ini rencananya mulai dilakukan pada 2019 mendatang.

“Kami juga tetap melihat pasar itu (luar negeri), di mana dua tahun lagi kami siap untuk ekspor,” ujar Herry Hambali, Sales and Marketing Director PT Federal Karyatama, Kamis (22/6/2017).

Soal pasar potensial yang akan disasar, Herry mengaku membidik pasar-pasar dengan populasi sepeda motornya cukup banyak, seperti India dan Vietnam. Meski saat ini Federal sudah bermain di pasar oli mobil, tapi soal ekspor masih prioritas untuk sepeda motor.

“Kami melihat pasar-pasar yang besar, seperti India dan untuk ASEAN kami membidik Vietnam. Ekspor fokus untuk motor dahulu. Sementara untuk Federal Mobil masih dalam negeri, melihat perkembangan industri mobil yang masih growing,” ujar Herry.

“Saat ini tentunya kami masih menjajaki untuk ekspor, dan masih mau fokus dulu di Indonesia, karena di pasar dalam negeri pun masih cukup besar. Soal seberapa penting ekspor kami terus lihat perkembangan bisnisnya,” ujar Herry.

Penguasaan pasar oli Federal di dalam negeri saat ini mencapai angka 20-25 persen. Namun angka tersebut merupakan data sepihak milik Federal, karena jumlah total pasti oli yang dipasarkan di Indonesia, belum ada data resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com