KTM Pilih Filipina Jadi Basis Produksi di ASEAN - Kompas.com

KTM Pilih Filipina Jadi Basis Produksi di ASEAN

Donny Apriliananda
Kompas.com - 19/06/2017, 19:22 WIB
paultan.org Suasana pabrik baru KTM di Filipina.

Manila, KompasOtomotif – Sebagai bagian dari strategi ke Asia, khususnya kawasan ASEAN, KTM berinvestasi di Filipina untuk membuka pabrik baru. Sebelumnya, merek ini sudah punya pabrik besar di India, sedangan di Indonesia mereka hanya melakukan perakitan (CKD-compeletely Knocked Down).

Pabrik di Filipina tersebut diberi label KTM Asia Motorcycle Manufacturing, berkapasitas 10.000 unit per tahun, hasil patungan dengan Adventure Cycle Philippines, pemilik dari industri besar AC di Filipna. Produksi motor akan fokus untuk model KTM 200 dan 390 Duke, lalu RC 200, dan RC 390.

Kendati demikian, kapasitas produksi awal akan dipatok 6.000 unit sembari menunggu pembangunan secara bertahap. Proyeksi ke depan, motor-motor dari sini akan memenuhi pasar domestik, ASEAN, begitu juga dengan China.

Hubert Trunkenpolz, KTM Chief Sales, mengatakan bahwa pembangunan pabrik baru ini merupakan semacam sinyal dari perusahaan untuk mengelola merek dengan strategi yang berbeda.

”Ini sebagian dari contoh, bagaimana kami membuat KTM yang (dibilang) pendatang baru di dunia ini akan menyentuh pasar yang lebih segar dan pengendara yang fresh juga. Ini menjadi masa yang sangat menggariahkan untuk perusahaan,” kata

Tak hanya di India, Filipina, dan Indonesia, KTM juga merakit lokal (CKD) untuk model Duke 250, 390, dan RC 250-390 di Malaysia.

PenulisDonny Apriliananda
EditorAgung Kurniawan
Komentar