Aspal Buruk, Sirkuit Catalunya Harus Diultimatum - Kompas.com

Aspal Buruk, Sirkuit Catalunya Harus Diultimatum

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 18/06/2017, 03:55 WIB
Motorsport.com Sirkuit Catalunya.

Barcelona, KompasOtomotif - Pebalap KTM, Bradley Smith menyarankan pihak MotoGP perlu mengeluarkan ultimatum kepada penyelenggara sirkuit Catalunya (Barcelona), untuk memastikan trek tersebut diaspal ulang (renovasi) sebelum kembali menjadi tuan rumah musim 2018.

Permukaan trek yang digunakan saat ini belum mengalami perbaikan sejak 2007,  di mana ini membuat banyak pebalap kecewa pada seri ketujuh akhir pekan lalu, Minggu (11/6/2017).

Kebanyakan pebalap tidak senang dengan trek, karena kurangnya grip dan peningkatan jumlah gundukan. Beberapa bahkan mengkritik soal tikungan baru, yang tidak jadi digunakan. Smith mengalami kecelakaan di Catalunya, pada latihan bebas keempat (F4) di tikungan kedua, yang membuat jarinya cedera.

“Mudah-mudahan kami tidak akan balap lagi di sana. Itulah akhirnya apa yang terjadi,” ujar Smith ketika ditanyakan apa yang akan terjadi ketika permukaan trek sirkuit Catalunya tidak diperbaiki tahun depan, mengutip Motorsport, Sabtu (17/6/2017).

"Ini adalah satu-satunya trek di seluruh calendar MotoGP yang tidak bereaksi terhadap Komisi Keselamatan, pengendara, dan permintaan penyelenggara. Jadi, pada suatu saat, MotoGP  harus memberi mereka ultimatum, dan saya pikir ini adalah tahun terakhir mereka (sirkuit Catalunya) ada dalam kondisi buruk seperti itu,” tutur Smith.

Smith bahkan mengatakan kalau masih banyak tempat atau sirkuit yang masih bersedia menjadi penyelenggara MotoGP, dan tidak harus memaksakan di Catalunya. "Intinya aspal baru adalah sesuatu yang kami minta selama beberapa tahun," ucap Smith.

Belum Ada Rencana

Dihubungi oleh Motorsport.com, perwakilan sirkuit Catalunya mengatakan, mereka belum memutuskan apapun, mengenai kemungkinan merenovasi trek.

"Kami harus menunggu laporan Federasi (FIM) setelah seri akhir Grand Prix, seperti setiap tahun, dan kemudian kami akan mengambil keputusan mengenai hal itu,” ujar pihak Sirkuit Catalunya.

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAzwar Ferdian
Komentar