Simak Detail Penyegaran Mercedes-Benz GLA - Kompas.com

Simak Detail Penyegaran Mercedes-Benz GLA

Stanly Ravel
Kompas.com - 16/06/2017, 17:31 WIB
Stanly/KompasOtomotif Mercedes-Benz GLA AMG Line

Jakarta, KompasOtomotif - Memasuki semester dua, Mercedes-Benz Indonesia (MBI) memberikan penyegaran pada dua model GLA di Indonesia. Walau masih menggunakan desain yang sama, tapi secara estetika, SUV premium ini lebih punya karakter ala off-roader.

Dari segi visual, perubahan paling signifikan ada pada sektor gril dan bumper. Kali ini Mercy memberikan struktur berbeda yang membuatnya makin terlihat gagah dengan aplikasi model gril milik GLE.

Stanly/KompasOtomotif Mercedes-Benz GLA AMG Line gunakan gril milik GLE

"Secara tampilan kita buat lebih off-roader, kesan mewah dan gagah kita terapkan dari GLE sehingga membuat GLA makin punya karakter," ucap Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication MBI, kepada KompasOtomotif, Kamis (15/6/2017).

Baca : Mercedes-Benz Remajakan Duet GLA

Bila model sebelumnya menggunakan lampu bi-xenon, saat ini GLA sudah menerapkan lampu depan LED High Performance yang memliki pancaran cahaya lebih kuat dengan tiga intensitas yang bisa diatur. Sedangkan untuk belakang, juga terdapat sedikit revisi pada bumper serta menggunakan stop lamp dengan tema kristal.

Sektir kaki-kaki kini dibuat lebih padat dengan pengunaan pelek 19 inci berpalang lima. Sedangkan untuk mendongkrak sisi SUV, Mercy juga mengaplikasi paket suspensi off-road yang secara drastis menaikan ground clearence sebesar 30 milimeter.

Stanly/KompasOtomotif Mercedes-Benz GLA AMG Line
Hal ini bukan hanya mempengaruhi postur bodinya, tapi juga berdampak pada posisi berkendara yang makin tinggi sehingga menghadirkan sensasi yang berbeda.

Interior

Masuk ke kabin, selain kemewahan, kenyaman juga sudah bisa dilihat secara detail. SUV yang didatangkan secara utuh ke Indonesia ini sudah dibalut dengan lapisan kulit berkualitas mulai dari dasbor, kemudi, doortrim, sampai joknya. Mercy pun mencoba untuk memberikan ornamen krom pada beberapa bagian kontrol dipanel dasbor.

Pengendara dan penumpang akan dimudahkan dengan adanya fitur pengaturan elektrik untuk mencari posisi duduk terbaik. Sedangkan keberadaan panoramic sunroof juga mengentalkan kemewahan dari GLA, sementara untuk urusan kelapang kabin pada baris pertama rasanya tidak perlu lagi untuk dipertanyakan, begitu juga untuk baris kedua.

Stanly/KompasOtomotif Interior Mercedes-Benz GLA AMG Line kaya dengan kesan mewah dan kenyamanan premium.

Sebagian layanan hiburan, GLA sudah dilengkapi media display berdimensi delapan inci dengan bentuk yang slim, sistem pengoperasiannya pun dimuat mudah bagi pengendara. Piranti hiburan tersebut sudah terkoneksi dengan sistem Apple CarPlay dan Android Auto.

Safety

Bukan hanya kenyamanan, Mercy juga memberikan ketenagan berkendara melalui rangkaian fitur keselamatan modern. Mulai dengan active brake assist yang berguna memperingatkan pengendara dengan mobil di depan sampai melakukan pengereman yang sesuai situasi. Selain itu, fitur pintar Attention Assist juga ikut disematkan yang berguna mendeteksi tanda kantung lewat prilaku pengemudi dan memberikan peringatan.

Performa

Stanly/KompasOtomotif Sektor tenaga ditopang dengan mesin berkubikasi 1.600 cc turbo.

GLA 200 AMG Line dibekali dengan mesin turbo 1.6L cc. Dikawinkan dengan transmisi 7 percepatan DCT, mesin tadi mampu menyuplai tenaga sebesar 156 tk dan torsi 250 Nm dan memiliki kecepatan tertinggi hingga 215 kpj.

AMG GLA 45 4Matic

Untuk model terbuasnya, yakni AMG GLA 45 4Matic juga mendapat sentuhan baru. Paling kental terlihat dari permainan bodykit yang lebih tajam dan terlihat agresif, berkat revisi pada apron depan dan spoiler lip, serta kisi-kisi udara.

Selain tampilan yang lebih agresin, sebagai pembedanya model AMG GLA juga mengusung dimensi pelek yang lebih besar, yakni 20 inci yang disediakan dalam dua pilihan warna, Painted Matte Black dan Painted Titanium Grey.

Sektor interior juga sudah dibungkus ulang dengan lapisan Artico bersama detail jahitan merah, dan lingkar kemudi AMG. Tentu saja, hal ini makin mengentalkan kesan sporty sejak dari dalam kabin.

Baca : Alasan Mercy Belum Rakit GLA di Wanaherang

Sebagai varian paling bertenaga, AMG GLA dibekali mesin yang lebih besar, yakni 1.991 cc lengkap dengan turbo. Sistem transmisi mengusung teknologi AMG Speedshift CDT tujuh percepatan yang menghasilkan perpindahan gigi lebih responsif.

Dok. Mercy Mercedes-Benz AMG GLA 45 G

Dari data di atas kertas, model ini diklaim memiliki tenaga sebesar 381 tk dengan torsi maksimal menyentuh 425 Nm. Sedangkan untuk kecepatan maksimumnya mampu diajak berlari higga 250 kpj dengan traksi terbaik melalui teknologi AMG Performance 4Matic.

Salah atu fitur yang paling menarik adalah sistem muffler terbaru yang dimodifikasi untuk meningkatkan suara hingga terasa di dalam kabin. Bahkan suara tersebut bisa diatur melalui pemilihan program mengemudi.

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM