Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fuso “Banting Tulang” di Segmen Truk Sedang dan Besar

Kompas.com - 16/06/2017, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sampai saat ini, pemimpin pasar di kategori kendaraan komersial masih dipegang Mitsubishi Fuso, dengan penguasaan 45,3 persen pada Januari-Mei 2017. Di mana penopangnya masih dari segmen light duty truck (LDT) dengan kontribusi sampai 91,16 persen.

Di kelas LDT ini juga, Fuso masih menduduki posisi terlaris, dengan sumbangsih secara nasional mencapai 58,7 persen. Meski begitu, Fuso masih lemah pada kelompok medium duty truck (MDT) dan heavy duty truck (HDT), yang masing-masing hanya mendapat jatah kue 17,3 persen dan 2,4 persen.

“Di segmen itu memang kompetisinya sangat ketat, kalau dari sisi merek. Di situ juga tentunya kami masih perlu effort untuk meningkatkan performa kami, sehingga bisa lebih baik lagi,” ujar Duljatmono, Director of Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Kamis (15/6/2017).

Meski begitu, tutur Duljatmono, dibanding periode yang sama tahun lalu (Januari-Mei), 2017 ini segmen MDT mengalami pertumbuhan 30 persen. Sementara untuk di HDT naik jumlahnya dari 1 unit ke 65 unit, atau 6400 persen.

“Namun, itu tentu saja belum cukup di dalam kompetisi ini, sehingga kami harus berusaha keras lagi mendapat penjualan yang lebih baik. Kami akan coba raih di semester kedua, untuk segmen-segmen tersebut,” ujar Duljatmono.

Membaca pasar komersial secara keseluruhan, kontribusi paling tinggi masih didominasi oleh LDT dengan sumbangsih 70-73 persen. Sementara untuk MDT di 27-30 persen, dan untuk HDT berkisar di angka 7 persenan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com