BMW Seri 5 Rakitan Lokal, Punya Banyak Kelebihan - Kompas.com

BMW Seri 5 Rakitan Lokal, Punya Banyak Kelebihan

Stanly Ravel
Kompas.com - 15/06/2017, 11:55 WIB
Stanly/KompasOtomotif All New BMW Seri 5 Jepang

Jakarta, KompasOtomotif - Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, generasi baru dari Seri 5 bakal diluncurkan BMW Grop Indonesia dalam versi lokal, alias completely knock down (CKD). Meski demikian, BMW memastikan tidak ada perbedaan kualitas maupun performa dengan versi completely built up (CBU).

Baca : BMW Seri 8 Masih Absen di Indonesia

Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O'tania, mengatakan Seri 5 rakitan lokal punya banyak keuntungan, baik bagi calon konsumen maupun perusahaan.

"Untuk kendaraan yang memang respons sudah bagus akan sangat menguntungkan secara level production. Bukan hanya untuk BMW, untuk konsumen pasti juga lebih untung karena harga lebih murah dibandingkan CBU, selain itu masa waktu yang relatif lebih cepat," papar Jodie kepada wartawan di Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Untuk kualitas dan performa, BMW memastikan tidak ada perbedaan, karena setiap lokalisasi produk baru BMW mengucurkan dana investasi yang cukup besar untuk jalur produksinya. Mulai dari kesiapan tenaga sumber daya, peralatan, mesin, dan banyak lainnya.

Baca : Doping Pendongkrak Tampilan Seri 5 Terbaru

Jodie mengatakan bahwa selama ini penjualan terbesar BMW di Indonesia lebih didominasi oleh produk-produk yang sudah dirakit lokal. Hal ini membuktikan bawah produk CKD BMW memiliki kualitas yang tidak kalah dengan CBU, selain dari perbedaan harga serta penyesuaian fitur yang memang sudah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di Tanah Air.

Stanly/KompasOtomotif All New BMW Seri 5 Jepang

"75 persen penjualan BMW di Indonesia berasal dari mobil yang diproduksi lokal. Harga rakitan lokal pastinya akan lebih terjangkau karena beragam faktor, salah satunya karena struktur pajak," ucap Jodie.

Meski Seri 5 hanya akan meluncur dalam versi CKD, tapi BMW Indonesia tidak menutup akses bagi konsumen yang ingin membeli generasi ketujuh Seri 5 dalam versi CBU. BMW tetap bersedia melayani pembelian mobil CBU untuk semua line-up.

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
Komentar