Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru, Sewa Mobil Berbasis Syariah

Kompas.com - 14/06/2017, 15:54 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Jakarta, Otomania.com
– Serasi Autoraya (Sera) kini mencoba masuk ke bisnis sewa mobil berbasis hukum Islam dengan memperkenalkan TRAC Syariah. Layanan sewa mobil jangka panjang itu diklaim sebagai yang pertama di Indonesia.

Dalam keterangan resmi Sera, Selasa (13/6/2017), dijelaskan, TRAC Syariah memberikan layanan ijarah buat perusahaan yang peduli pada produk atau layanan berbasis syariah. Akad ijarah TRAC Syariah bebas dari unsur riba, maysir, dan gharar.

Selain itu dikatakan semua kendaraan TRAC Syariah diperoleh secara halal melalui mekanisme mudharabah dan dilindungi oleh asuransi berdasarkan prinsip syariah (ta’awun). TRAC Syariah terbuka dana dalam mengelola kendaraan dan juga dapat dikembakan menjadi produk mudharabah dengan konsep bagi hasil.

Otomania/Setyo Adi SERA TRAC hadirkan layanan persewaan mobil berbasis syariah

TRAC-Astra Rent a Car selalu berusaha untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen yang beragam, termasuk dalam hal memenuhi kebutuhan produk berbasis syariah yang saat ini semakin berkembang pesat. TRAC Syariah juga menjadi produk pertama di Indonesia yang secara legal menghadirkan layanan ijarah, yaitu aktivitas sewa menyewa yang sesuai dengan hukum Islam,” ujar Hadi Winarto, Direktur TRAC.

TRAC Syariah masuk akal sebab penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam. Bisnis baru ini juga bakal mengembangkan TRAC yang menjangkau segmen baru.

TRAC Syariah telah mendapatkan rekomendasi dari Dewan Syariah Nasional untuk menjalankan bisnis layanan sewa mobil berbasis syariah berdasarkan surat rekomendasi yang dikeluarkan pada tanggal 7 November 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com