Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Terbaru CX-8, ”SUV 7-Seater” Mazda

Kompas.com - 13/06/2017, 12:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Informasi detail Mazda CX-8 bocor makin banyak. Laman salah satu blog di Jepang, Livedoor, yang sering mengungkap banyak fakta tentang mobil baru, menyebutkan berbagai fitur, bahkan dimensi yang membuktikan SUV 7-seater ini lebih bongsor ketimbang CX-5.

Data bocor pertama justru soal harga, yang dikatakan bahwa mobil ini akan dijual antara 3 juta hinga 3,5 juta yen, atau setara Rp 362 jutaan hingga Rp 423 jutaan. Tipe tertinggi dengan sistem penggerak empat roda disebut mencapai 4,5 juta yen (Rp 544 jutaan).

Pada tipe terendah bakal dibekali pelek 17 inci, sementara tipe tengah dan tinggi pakai pelek 19 inci. Paling menarik justru adanya jok baris ketiga yang dikatakan hanya akan nyaman diduduki anak-anak, atau CX-8 bisa disebut dengan SUV 5+2, tak seperti CX-9 yang benar-benar bisa mengakomodasi tujuh penumpang dengan baik.

Mazda Interior Mazda CX-8 yang merupakan teaser resmi dari Mazda.
Ada bocoran interior yang merupakan foto resmi dari perusahaan, menunjukkan bahwa posisi jok baris ketika akan lebih tinggi dibandingkan dua deret jok di depannya. Tampak juga monitor pengawas sekitar dan roof rail sebagai standar.

Soal dimensi, CX-8 punya ukuran panjang 4.900 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.730 mm, plus wheelbase 2,930 mm. Bandingkan dengan CX-5 yang punya panjang 4.545 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.690 mm, plus wheelbase 2.700 mm.

Mazda akan menawarkan CX-8 dalam dua opsi konfigurasi tempat duduk, yakni 6-penumpang dan 7-penumpang. Mesin pakai generasi kedua Skyactiv-D (clean diesel) 2.200 cc. Mesin ini juga sama seperti yang digunakan CX-5 diesel yang mengeluarkan tenaga 173 tk dan torsi 420 Nm.

Selain bocoran informasi, Mazda mengonfirmasi bahwa CX-8 akan dijual di Jepang sebelum 2017 berakhir. Laporan Livedoor lebih detail, meluncur September nanti. Produksi akan dilakukan di pabrik Mazda Hiroshima, atau juga bisa di pabrik Hofu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com