Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sederhana Agar Mobil Tak Sulit Klaim Asuransi

Kompas.com - 12/06/2017, 15:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Punya mobil yang ditanggung asuransi, tentu iming-imingnya membuat si pemilik kendaraan merasa aman. Namun ternyata, tidak selamanya bisa diklaim untuk diperbaiki, ketika mengalami kerusakan.

Karena itu, perlu diperhatikan hal sederhana yang bisa membuat klaim ditolak. Apalagi sesaat lagi akan masuk musim lebaran, yang kebanyakan masyarakat melakukan perjalanan jauh, dan riskan mengalami kecelakaan di jalan, entah itu hanya membuat mobil rusak atau lainnya.

Iwan Pranoto, Marketing Communication and Public Relations Head Asuransi Astra mengatakan, cukup sederhana sebenarnya. Pertama yang paling dasar adalah si pengemudi kendaraan, wajib memiliki dan membawa Surat Izin Mengemudi (SIM), agar klaim tidak ditolak.

“Itu yang pertama. Lalu yang kedua, jangan melanggar peraturan lalu lintas, karena kerusakan pada kendaraaan juga tidak bisa diklaim atau ditolak jika penyebabnya seperti itu. Karena peraturan lalu lintas di atas kekuasaan asuransi,” ujar Iwan saat ditanyakan KompasOtomotif, Selasa (6/6/2017).

Selain itu, tutur Iwan, jangan menggunakan mobil lebih dari batas kemampuannya. Pasalnya ketika mudik, banyak pemilik kendaraan yang membawa penumpang lebih dari kapasitas seharusnya,  atau juga barang-barang bawaan yang overload.

“Kembali lagi, kecelakaan asalnya dari pelanggaran, jadi tentu saja jika mobil berkapasitas tujuh penumpang mobilnya diisi 10, tentu itu akan tidak aman. Pastinya jangan berpikir bisa klaim atau tidak, tapi perhatikan keselamatan terlebih dahulu, itu yang paling penting,” ucap Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com