Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"MPV China" Bisa Numpang Servis di Bengkel Diler Merek Lain?

Kompas.com - 12/06/2017, 13:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifWuling menggebrak pasar mobil di Indonesia dengan kemunculan Convero S, MPV 7-seater yang dibanderol Rp 130 juta – 165 juta. KompasOtomotif sudah cek barangnya, dan soal kualitas material cukup baik, meski harus dijajal performanya lebih jauh.

Tapi satu hal yang sudah pasti bakal menjadi pertanyaan nomor wahid buat para calon pembeli atau orang-orang yang sekadar penasaran, yaitu jaringan bengkel dan diler. Sejauh ini, sepanjang pengamatan, belum satu pun diler berdiri.

Baca: Buat yang Mau MPV China ?Sejuta Umat? Transmisi Matik

Salah satu wiraniaga Wuling di Jakarta Fair Kemayoran (JFK), JI Expo, Kemayoran, (9/6/2017), menjelaskan kepada KompasOtomotif bahwa konsumen tak perlu ragu soal jaringan, karena memang masih dalam tahap pembangunan, bahkan di beberapa titik sudah dalam proses finishing.

”Rumah bapak di mana? Bekasi, berarti nanti bengkel akan ada di Kalimalang, Bekasi juga ada. Semua sedang tahap finishing. Setiap area kami punya,” ujar wiraniaga sambil menunjukkan semacam peta pada ponselnya, titik-titik di mana Wuling akan membangun diler di seluruh Indonesia.

Numpang Servis
Tapi dari sekian banyak penjelasan sang wiraniaga, satu hal yang bikin KompasOtomotif penasaran. Dirinya mengatakan bahwa jika diler resmi Wuling jauh dari jangkauan, konsumen bisa memanfaatkan diler merek lain, asal satu manajemen.

”Bapak tahu Mitsubishi Kalimalang? Nah nanti bisa servis di situ. Masuk aja, nanti dilayani, kan asal satu manajemen diler. Jaringan kami banyak, tidak hanya satu merek saja,” ujar Wiraniaga.

Wow. Luar biasa lobi Wuling jika memang bisa demikian. Menelisik perkataan wiraniaga, diler Mitsubishi Kalimalang dikelola oleh grup Arista. Memang ini adalah jaringan diler yang cukup besar di Indonesia dan ”pegang” berbagai merek.

Memang pernyataan sang wiraniaga ini harus dikonfirmasi dengan jaringan diler yang menaungi, atau bahkan Wuling dan merek lain. Paling ditakutkan adalah, wiraniaga banyak berjanji, namun realitanya bakal tak semulus yang dibayangkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com