Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kargo Roda Tiga, Siasat Baru TVS Bisnis di Indonesia

Kompas.com - 09/06/2017, 14:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) makin berani keluar dari patron yang selama ini mereka pertahankan di segmen roda dua. Ya, merek India itu tambah serius main di segmen roda tiga dengan adanya varian pengangkut barang.

Di segmen roda tiga, TVS sudah lama mendatangkan King, ”bajaj” biru yang kini mulai menguasai pasar. Paling baru, mereka membawa TVS Kargo, varian pengangkut yang diluncurkan Februari 2017, dan kini dipajang lebih detail di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017.

Di sini, TVS Kargo tampil pertama kali kepada masyarakat Jabodetabek khususnya Jakarta. Empat varian berbeda ditunjukkan kepada masyarakat, yakni Open tray, Box with side door, Box with swing door, dan Fire Engine. Sasis dan kisaran harganya dimulai dari Rp 37,5 juta on the roar.

Varian Open tray misalnya, memiliki daya angkut beban 265 kg dengan dimensi 1,530 x 1,320 x 475 mm dan ground clearance 158 mm. produk ini menggunakan rangka semi-monocoque, dilengkapi dengan trailing arm dan sokbreker ganda pada suspensi depan dan belakang.

Satu lagi yang mencuri perhatian, adanya TVS Kargo Fire Engine, alias pemadam kebakaran roda tiga. Ini adalah solusi untuk memadamkan jilatan si jago merah di lingkungan dengan jalan yang sempit. Kendaraan ini sudah dilengkapi tangki dan pompa air.

TVS Kargo dilengkapi dengan mesin bensin teknologi Duralife 200 cc yang terletak pada buritan dan tersambung langsung dengan ban belakang. Konfigurasi ini memproduksi kekuatan besar, menawarkan daya tahan mesin yang lebih baik dan bahan bakar yang efisien.

Tenaga maksimal mencapai 8,5 tk @5.250 rpm dan torsi puncak 14,95 Nm @3250 rpm. Kekuatan ini disalurkan via transimisi manual 5-percepatan (4 maju dan 1 mundur).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com