Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Kemewahan Bus Tingkat Lorena Seharga Rp 3,4 Miliar

Kompas.com - 08/06/2017, 15:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif - Lorena Transport Tbk dan Karina Transport, resmi memiliki 12 unit double decker Mercedes-Benz OC500 RF 2542. Bus yang akan melayani rute Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Madura ini menggunakan sasis yang didatangkan langsung dari Jerman.

Secara spesifikasi, bus mewah yang memiliki fasilitas premium ini mengusung mesin berkubikasi 11.967 cc dengan standar emisi Euro III. Dikombinasikan dengan sistem transmisi enam percepatan otomatis, mesin diesel tersebut mampu memproduksi tenaga sebesar 422 tk dan torsi sebesar 1.900 Nm pada 1.100 rpm, dengan kecepatan jelajah 120 kpj dan daya tanjak 48 persen.

Baca : Bus Tingkat, Asa Baru Lawan Kereta Api dan Pesawat

Salah satu kelebihan dari double decker OC500 RF 2542 adalah sistem tiga gandar (axle) dan suspensi independent RL75E yang ditopang air suspension. Adri Budiman, Deputy Director Bus & Van Sales Operation Commercial Vehicle Mercedes-Benz Indonesia, mengatakan teknologi ini diklim mampu menghadirkan kenyamanan serta kemudahan dalam bermanuver.

"Dengan suspensi independent, maka saat salah satu ban masuk lubang getaranya tidak akan tersalurkan ke sistem suspensi lain sehingga penumpang tetap nyaman. Tiga gardan memungkinkan roda belakang ikut berbelok saat bus melakukan manuver, hal ini memungkinkan bus tetap nyaman saat berbelok diruas yang minim," ucap Adri kepada media di Ciputat, Tangerang, Selasa (6/6/2017).

Stanly/KompasOtomotif Bus Lorena dan Karina Double Decker

Tidak hanya menawarkan kenyaman, bus ini juga sudah dilengkapi dengan sistem keselamatan terpadu. Hal ini didapat dari sistem pengereman yang sudah dilengkapi dengan electronic braking system (EBS), anti-lock braking system (ABS), acceleration skid system (ASR), dan electronic stability program (ESP).

"Kapasitas angkutnya 250 ton, kemudi sudah power steering, ditambah lagi dengan electronic stability program (ESP) yang mampu memberikan kestabilan serta keakuratan kemudi saat sedang berjalan. Semua sudah serba otomatis," kata Adri.

Stanly/KompasOtomotif Bus Lorena dan Karina Double Decker

Premium

Saat KompasOtomotif masuk ke dalam kabin, pemandangan utama yang langsung terlihat adalah sisi kelapangan. Bus yang memiliki kapasitas 44 orang garapan karosesi Adiputro ini, sudah dilengkapi dengan jok berlapis kulit sintetis baik untuk penumpang bawah dan atas.

Layout kokpit pengendara dibuat sederhana dan serba fungsional. Menariknya, tuas transmisi otomatis digantikan melalui rangkaian tombol pengaturan gearbox, pengemudi hanya cukup menekan tombol saja untuk melakukan pergantian transmisi, begitu juga dengan sistem pengermannya.

Stanly/KompasOtomotif Pengoperasian sistem transmisi tanpa tuas, cukup tekan tombol

Tepat di belakang kemudi tersedia dek untuk meletakan barang bawaan penumpang di bawah. Bagian tangga ditempatkan dekat dengan pintu tengah sebelah kiri berseberangan dengan toilet, yang memudahkan akses keluar masuk dan naik ke atas bagi penumpang.

Stanly/KompasOtomotif Bus Lorena dan Karina Double Decker

Setiap jok sudah dilengkapi dengan monitor headrest yang mampu memberikan hiburan dan sandaran kaki yang membuat perjalanan makin nyaman. Penumpangnya pun tidak perlu khawatir dehidrasi, karena tersedia dispenser air yang bebas digunakan. Bagi yang ingin merokok tinggal naik ke atas menuju area smoking room yang dirancang sebagai fasilitas tambahan.

Baca : "Curhat" Sepinya Peminat Bus pada Musim Mudik

Bagi masyarakat yang mau merasakan, bus ini rencananya akan mulai beroperasi pada 11 Juni 2017. Untuk harga tiketnya dipasarkan mulai dari Rp 450.000 hingga Rp 470.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com