Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Hino Juara Dakar Rally Sampai di Indonesia

Kompas.com - 08/06/2017, 12:44 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) membawa Hino 500 Series jawara Dakar Rally untuk ditunjukkan kepada konsumen di Indonesia. Truk yang sudah dimodifikasi khusus lomba reli terganas di dunia itu diharapkan membuka mata orang tentang ketangguhan dan daya tahan produk Hino.

Memang, Hino Dakar Rally yang didatangkan bukanlah versi terkini yang baru saja menjuarai ajang tersebut Januari 2017 lalu, melainkan versi 2011. Tapi itu pun sudah cukup untuk menambah pengetahuan konsumen soal truk yang menciptakan sejarah di ajang balap dunia.

”Hino truk Dakar Rally selalu berhasil menyentuh garis finish. Ini menjadi bukti kekuatan truk kami yang secara terus menerus mendapatkan improvement. Inilah yang menjadi spirit kualitas, durabilitas, dan realibilitas Hino truk yang kami terapkan juga pada truk kami di Indonesia,” ujar Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI, (6/6/2017), di Jakarta.

Hino pertama kali mengikuti Dakar Rally pada 1991 dan menjadi satu-satunya truk asal Jepang yang turut serta dalam balap bersejarah itu. Sepanjang keikutsertaan, total 26 tahun sampai tahun ini, truk reli Hino selalu mencapai garis finish.

Pada 1997 Hino berhasil menjadi juara umum untuk kategori truk serta meraih posisi dua dan tiga. Sejak Dakar Rally 2010, merek ini berhasil menjuarai kategori under 10-Litre Class selama delapan tahun berturut-turut sampai 2017.

Di ajang itu, Hino mengandalkan 500 Series yang terkenal dengan daya tahannya, meski harus mendapat modifikasi. Mesin sama seperti yang dipakai konsumen, tipe J08C-TI turbo intercooler, namun mendapat modifikasi hingga mampu menyemburkan tenaga 450 PS @2.700 rpm.

Sukses Hino di Dakar Rally tak lepas dari pebalap profesional dan berpengalaman, Yoshimasa Sugawara, yang saat ini sudah berusia 76 tahun!

Saat ini, truk Hino jawara Dakar Rally teronggok di showroom sekaligus kantor pusat HMSI di Wisma Indomobil, Cawang, Jakarta. Konsumen akan bisa memandangi lebih dekat, karena Hino Indonesia akan memajangnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Agustus, mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com