Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catatan Tinjauan Mudik Dirjen Perhubungan Darat

Kompas.com - 08/06/2017, 07:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Cikampek, KompasOtomotif - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto, memaparkan hasil dari peninjauan kesiapan menyambut arus mudik Lebaran 2017 di tiga lokasi, yakni Pemalang, Brebes Timur (Brexit), dan Cikopo, Rabu (7/6/2017). Selama satu hari pemantauan, ada beberapa hal yang menjadi perhatian penting.

"Bersama Kapolri tadi kita sama-sama melakukan peninjauan dan ada tiga hal yang menjadi catatan untuk benar-benar disiapkan," kata Pudji saat berbincang dengan media di jembatan timbang Balong Gandu, Cikampek, Jawa Barat, Rabu (7/6/2017).

Ketiga hal tersebut terdiri dari masalah kesiapan para petugas di lapangan, terkait masalah pengendalian rekayasa dan manajeman lalu lintas. Sedangkan catatan yang ketiga mengenai masalah kesiapan tol baru yang menuju Semarang.

Baca : Tol Baru dan Keamanan Jadi Fokus Mudik 2017

Untuk tol baru, menurut Pudji akan menjadi solusi mengurai kemacetan yang tahun lalu menjadi petaka di Brexit, karena dengan difungsikannya tol tersebut bisa membuat konsentrasi penumpukan lebih minim.

KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMO Kemacetan mengular sepanjang 18 kilometer di ruas tol Pejagan - Brebes Timur, Jawa Tengah, Jumat (01/07/2016). Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-3 lebaran.
Namun hal tersebut bukan menjadi hal utama, karena pemantauan pengaturan lalu lintas akan tetap dilakukan dari simpang Cikopi ke arah Panturan, artinya bila sudah terjadi kepadatan dari Cikopo maka akan ada pengalihan arus yang dilakukan oleh petugas.

Komprehensif

Adanya tol baru membuat pihak Kemenhub dan berbagai instansi terkait melakukan persiapan ekstra, hal ini yang menjadi peringatan khusus yang diberikan Kepala Kepolisian (Kapolri) Negara Republik Indonesia Tito Karnavian. Menurut Pudji, Kapolri meminta persiapan yang lebih matang mengenai masalah fasilitas.

Stanly/KompasOtomotif Program Pertamina

"Selain rest area dan toilet, kita juga akan membuat posko-posko yang sifatnya lebih komprehensif. Jadi nanti akan ada posko kesehatan, posko keamanan dari Kemenhub dan TNI, posko BBM, dan bengkel. Kapolri meminta para ATPM menyediakan bengkel yang sifatnya mobile dan emergency, termasuk kesehatan dan BBM, ini sangat bagus, karena tahun lalu tidak ada, baru tahun ini," papat Pudji.

Baca : Kemenhub Tambah Kuota Mudik Gratis Motor dan Penumpang

Dengan adanya posko yang sifatnya mobile akan bisa menjangkau lebih mudah bila ada pemudik yang mengalami masalah. Baik dengan kendaraan, kehabisan BBM, termasuk dari fisik dan kesehatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com