Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skutik Petualang Honda Makin Dekat dengan Indonesia

Kompas.com - 05/06/2017, 18:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Saigon, KompasOtomotif – Setelah melakukan debut di EICMA, Milan, akhir tahun lalu, disusul dengan peluncuran di sejumlah negara Eropa, skutik model petualang Honda X-ADV tampak sudah menyeberang jauh sampai ke Asia. Terakhir diberitakan bahwa motor itu sudah tampak di Vietnam.

Berdasarkan keterangan MotoSaigon (5/6/2017), model kawin silang antara skutik dan motor trail yang dikembangkan tim R&D Honda Iitalia itu sudah tampak di salah satu diler. Jok dan beberapa bagian bodi masih dibalut plastik untuk perlindungan.

Sepeda motor ini kabarnya akan dibanderol 560 juta dong Vietnam, atau setara Rp 327,7 jutaan. Harga pantastis itu berarti hampir dua kali lipat lebih mahal ketika sudah sampai Jepang.

Di sana, ada beberapa warna yang bisa dipilih, yakni Silver (keperakan) , Grey (abu-abu) , dan White HRC (putih khas HRC). Motor yang di Eropa berjuluk crossover itu disokong suspensi 41 mm upside down di depan, serta belakang pro-link yang bisa disetel.

Rem menggunakan dual disk di depan dan belakang single disc. Tak ketinggalan, model ini juga sudah dibenamkan ABS sebagai standar.

Honda Honda X-ADV Milan.
Menariknya, meter cluster LCD-nya model reli. Semua itu masih dipermak lagi dengan lampu depan LED, tuang penyimpanan besar mencapai 21 liter, soket 12 volt, knuckle guards, smart key system. Fitur immobiliser menjadi standar spesifikasi.

Tameng angin bisa disetel ketinggiannya. Lalu, motor ini juga bisa dinaikturunkan dengan pergerakan 136 mm. Sementara spesifikasi ban adalah 120/70 R17 depan dan 160/60 R15 untuk belakang.

Motor ini dibekali mesin SOHC 745 cc berpendingin cairan, berpadu dengan transmisi kopling ganda (Dual Clutch Transmission-DCT) 6-percepatan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 53 tk @6250 rpm dan torsi puncak 68 Nm @4.750 rpm.

Klaim Honda, X-ADV cuma nenggak bensin 27,5 kpl. Kapasitas tangki bahan bakar cukup besar, mencapai 13,1 liter. Sedangkan bobot total kendaraan 238 kg dengan ground clearance 162 mm.

Jika sudah sampai ke Vietnam, apakah berarti bakal ada kemungkinan dipasarkan di Indonesia? Kita tunggu konfirmasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com