Efek Cedera, Rossi Kehilangan Podium di Mugello - Kompas.com

Efek Cedera, Rossi Kehilangan Podium di Mugello

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 05/06/2017, 03:42 WIB
Crash.net Desain helm baru Rossi musim 2017, yang diluncurkan di Mugello, Sabtu (3/6/2017).


Mugello, KompasOtomotif –
Juara dunia sembilan kali Yamaha Valentino Rossi, tidak berhasil mendapat podium di kandangnya sendiri, Mugello, Italia, Minggu (4/6/2017). Rossi mengatakan kalau dirinya tidak memiliki cukup energi, lantaran cedera yang dialaminya pekan lalu.

Rossi mengalami trauma dada dan perut dalam kecelakaan motorcross pekan lalu, namun sudah cukup pulih untuk bisa bersaing di Mugello, di mana lolos berada di baris terdepan di posisi kedua grid.

Pebalap berusia 38 tahun ini sempat memimpin tiga lap pertama dan tetap berada di posisi terdepan untuk beberapa lap. Namun akhirnya, Rossi harus menempati posisi keempat di belakang pembalap Ducati Andrea Dovizioso, rekan setimnya Yamaha Maverick Vinales dan Danilo Petrucci dari Pramac Ducati.

"Pastinya sangat memalukan ketinggalan podium, karena itu selalu menjadi target saya, apalagi di Mugello. Hormat kami, saya percaya saya bisa melakukannya karena dalam prakteknya saya cepat. Di dalam diri saya, saya tahu 23 lap akan sulit. Mungkin empat atau lima putaran mungkin tidak terasa, tapi setelah delapan lap, saya mulai merasa tidak nyaman,” ujar Rossi mengutip Motorsport, Minggu (4/6/2017).

Rossi menambahkan, kalau Ducati menikmati keunggulan di Mugello, tapi dirinya lagi-lagi menyesalkan kondisinya, yang membuatnya kehilangan hasil terbaik di depan publiknya sendiri.

"Saya cukup kuat, saya bisa bertarung. Hari ini Ducati sangat bagus karena menggunakan ban belakang medium. Bagi kami, dengan Yamaha, kami harus menggunakan ban hard, dengan sedikit kehilangan grip. Namun menurut saya pribadi, masalahnya adalah kondisi fisik, karena di lap terakhir saya tidak mampu membuat kemajuan, karena saya sudah kelelahan," tutur Rossi.

Di tengah kekecewaaannya, Rossi sedikit puas dengan catatan waktunya, di mana menyelesaikan perlombaan dengan 3,7 detik di belakang sang juara. Padahal pada awal pekan lalu, Rossi sempat ragu kalau dia bisa ikut serta sama sekali.

"Saya mencoba untuk tidak menyerah, tapi sayangnya saya tidak cukup kuat untuk menyerang. Rasa menyesal karena melewatkan podium itu pasti, tapi hari ini saya melakukannya dengan bagus, padahal sempat ragu untuk ikut balap,” ujar Rossi.

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar