Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Capaian Bersejarah Kawasaki di Ajang Balap

Kompas.com - 31/05/2017, 17:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Kawasaki

Donington, KompasOtomotif – Setelah Jonathan Rea mengamankan race kedua FIM Superbike World Championship (WSBK) di Donington Park, Minggu (28/5/2017), Kawasaki harus merayakannya lebih meriah. Ini menjadi kemenangan ke-100 di ajang balap sepeda motor super kasta tertinggi dunia itu.

Sebagai partisipan lama di ajang WSBK, Kawasaki sudah menikmati sukses sejak musim pertama mereka, ketika pebalap Perancis Adrien Morillas yang menaiki GPX750. Itulah trofi pertama pabrikan Jepang dengan warna khas hijau, dan diraih di Hungaroring pada 1988.

Kemenangan terakhir Kawasaki yang dipersembahkan Rea diperoleh dengan menunggangi Ninja ZX-10RR. Prestasi ini juga mencatatkan Kawasaki di buku sejarah sebagai pabrikan ketiga yang menyentuh 100 kemenangan setelah Ducati dan Honda. 12 pebalap sudah memenangi balapan bersama Kawasaki di ajang tertinggi adu kencang motor versi produksi itu.

Kawasaki Kemenangan ke-100 dipersembahkan Jonathan Rea.
”Ada sedikit tekanan untuk memenangkan Kawasaki yang ke-100 kali. Saya memang memikirkanya hari itu. Lalu, ketika balapan sudah setengah jalan, saya mengatakan kepada diri saya sendiri, bahwa gelar itu harus menjadi milik saya,” kata Rea.

Yasuhisa Okabe, Senior Staff Officer, Kawasaki Heavy Industries Riding Technology Department, menyatakan kegembiraannya dengan pencapaian ini. ”Kami mendedikasikan rekor ini untuk keluarga Kawasaki di seluruh dunia. Kami akan terus melakukan pengembangan (motor) bersama ajang WSBK,” ujarnya.

Berbicara mewakili penyelenggara WSBK, Dorna, Direktur Kejuaraan Dani Carrera, mengatakan, bahwa Kawasaki adalah pabrikan yang sangat vital untuk kejuaraan WSBK. Kemenangan ke-100 dinilai sangat membanggakan.

”Mereka menunjukkan performa luar biasa sepanjang musim. Melihat Kawasaki terus melanjutkan pertarungan dalam event ini menjadi sesuatu yang layak dibanggakan. Kami tak sabar melihat mereka bertarung untuk kemenangan ke-200,” ujar Dani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kawasaki
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com