Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Pertamina Cegah Kelangkaan BBM di Jalur Mudik

Kompas.com - 31/05/2017, 14:21 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Pertamina memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) di musim Lebaran 2017 dalam kondisi aman. Namun begitu pihaknya tetap memiliki langkah antisipasi menjaga kelancaran BBM di setiap stasiun pengisian bahan bakar (SPBU), terutama pada titik kemacetan yang kerap terjadi di jalur Pantura.

Beberapa persiapan sudah dilakukan, mulai dari menambah stok BBM di masing-masing SPBU, penyedian truk tangki cadangan, sampai persiapakan satgas khusus untuk memasarkan BBM dalam kemasan yang akan dioperasikan dengan sepeda motor dan mobil.

Baca : Pertamina Jamin Stok BBM Jelang Mudik 2017

VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, mengatakan langkah tersebut ditempuh untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik agar tidak khawatir kehabisan BBM saat terjebak di kemacetan panjang.

"Sebenarnya sudah dari tahun lalu kita lakukan, tapi kali ini kita buat lebih banyak. Kita tidak ingin konsumen kesusahan mendapat BBM, dengan sepeda motor dalam kondisi macet diharapkan bisa menjadi solusi," ucap Adiatma dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Stanly/KompasOtomotif Program Pertamina

Menurut Adiatma, fungsi sepeda motor adalah untuk memasarkan BBM dalam kemasan. Motor tersebut akan membawa tiga kaleng Pertamax Series yang masing-masing berisikan 10 liter BBM. Untuk jumlah armada Satgas BBM motor kurang lebih 19 unit dan akan difokuskan di Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah.

Sedangkan dalam kondisi krusial seperti kemacetan panjang yang cukup lama, pihak Pertamina juga sudah menyiapkan rekayasa contraflow dengan pihak kepolisian setempat. Fungsi dari contraflow ini berguna untuk penyaluran distribusi baik mobil tangki ke SPBU, serta satgas BBM kaleng ke jalur tol.

dok. Pertamina Penyaluran BBM masa mudik 2017

"Prosesi pelaksanaan contraflow kita lakukan bersama pihak berwenang setempat, ada polisi, TNI, dan dinas perhubungan. Motor yang mengantar BBK juga akan dikawal masuk ke jalur padat atau tol agar bisa sampai ke konsumen yang membutuhkan," ucap Adiatman.

Baca : Cara Pertamina Sambut Ramadhan dan Mudik 2017

Pertamina juga sudah menyiapkan Serambi Pertamax di 10 lokasi yang bisa digunakan untuk beristirahat bagi para pemudik. Semua fasilitas sudah tersedia untuk memberikan kenyamanan pemudik. Sedangkan Kios Pertamax ditempatkan pada 36 titik, mulai dari Bandar Lampung sampai Tol Solo Sragen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com