Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Mau Langsung Menuju Euro V

Kompas.com - 31/05/2017, 07:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Upaya Pertamina mengejar standarisasi Euro IV yang sudah ditetapkan pemerintah pada 2018 mendatang, segera terealisasi. Menariknya Pertamina justru mengejar produk bahan bakar minyak (BBM) ke standar yang lebih tinggi, yakni Euro V.

VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, mengatakan bahwa saat ini Pertamina sedang mempersiapkan kebutuhan BBM Euro V, bukan Euro IV.

Baca : Pertamina Didesak Hapus BBM Euro II 2018

"Saat ini Pertamina sedang melakukan Refinery Development Masterplan Program (RDMP) di Balongan dan Balikpapan. Nanti kalau sudah mulai produk itu akan Euro V, tidak Euro IV," ucap Adiatma saat berbincang dengan wartawan dalam acara buka puasa bersama di Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Menurut Adiatma, pengklasifikasian Euro tidak harus seperti naik kelas, artinya dari tiga tidak harus lebih dulu keempat. Karena hal itu, Pertamina justru mengincar kualitas BBM yang lebih tinggi dari yang sudah ditetapkan pemerintah.

Nibras Nada Nailufar Pertamina mencontohkan uji tera yang dilakukan secara berkala ke SPBU untuk memastikan takaran sesuai.

"Jadi kilang yang sudah ada akan ditambah dengan unit-unit tertentu dan bisa mengeluarkan produk yang lebih berkualitas. Kita tidak harus sesuai tingkatan seperti naik kelas," ujar Adiatma.

Baca : Pertamina Belum Punya BBM Standar Euro IV

RDMP kilang yang dilakukan Pertamina saat ini untuk Euro V dipastikan akan selesai empat tahun lagi. Setelah itu akan dilanjut langsung dengan produksi dan pemasaran "Dari sekarang sudah mulai berjalan, 2021 nanti sudah start produksi Euro V," kata Adiatma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com