Pertamina Mau Langsung Menuju Euro V - Kompas.com

Pertamina Mau Langsung Menuju Euro V

Stanly Ravel
Kompas.com - 31/05/2017, 07:42 WIB
TRIBUN NEWS / IRWAN RISMAWAN Alat pengisi bahan bakar minyak jenis baru, Pertalite RON 90, di SPBU Coco, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Rabu (22/7/2015). PT Pertamina (Persero) akan menjual Pertalite RON 90 pertama kali pada Jumat, 24 Juli mendatang di Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Jakarta, KompasOtomotif - Upaya Pertamina mengejar standarisasi Euro IV yang sudah ditetapkan pemerintah pada 2018 mendatang, segera terealisasi. Menariknya Pertamina justru mengejar produk bahan bakar minyak (BBM) ke standar yang lebih tinggi, yakni Euro V.

VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, mengatakan bahwa saat ini Pertamina sedang mempersiapkan kebutuhan BBM Euro V, bukan Euro IV.

Baca : Pertamina Didesak Hapus BBM Euro II 2018

"Saat ini Pertamina sedang melakukan Refinery Development Masterplan Program (RDMP) di Balongan dan Balikpapan. Nanti kalau sudah mulai produk itu akan Euro V, tidak Euro IV," ucap Adiatma saat berbincang dengan wartawan dalam acara buka puasa bersama di Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Menurut Adiatma, pengklasifikasian Euro tidak harus seperti naik kelas, artinya dari tiga tidak harus lebih dulu keempat. Karena hal itu, Pertamina justru mengincar kualitas BBM yang lebih tinggi dari yang sudah ditetapkan pemerintah.

Nibras Nada Nailufar Pertamina mencontohkan uji tera yang dilakukan secara berkala ke SPBU untuk memastikan takaran sesuai.

"Jadi kilang yang sudah ada akan ditambah dengan unit-unit tertentu dan bisa mengeluarkan produk yang lebih berkualitas. Kita tidak harus sesuai tingkatan seperti naik kelas," ujar Adiatma.

Baca : Pertamina Belum Punya BBM Standar Euro IV

RDMP kilang yang dilakukan Pertamina saat ini untuk Euro V dipastikan akan selesai empat tahun lagi. Setelah itu akan dilanjut langsung dengan produksi dan pemasaran "Dari sekarang sudah mulai berjalan, 2021 nanti sudah start produksi Euro V," kata Adiatma.

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM