Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Nissan Indonesia Soal Stop Produksi Juke

Kompas.com - 30/05/2017, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Rumors baru beredar, kalau produk crossover Nissan Juke, bakal diberhentikan produksinya. Sejak diperkenalkan pada 2010 lalu, Juke saat ini sudah menginjak usia yang ketujuhnya.

Namun rencananya, Juke baru akan dihentikan produksinya setelah model year 2017 atau 2018 dilahirkan. Eksistensi Juke nantinya bakal digantikan oleh produk baru Nissan Kicks yang meluncur 2016 lalu.

Terkait dengan kabar tersebut, pihak Nissan Motor  Indonesia (NMI) masih menampik soal stop produksi Juke. Mereka mengatakan, sampai saat ini masih tetap menjual produk tersebut.

Baca juga : Nissan Mau "Stop" Juke?

“Kami tidak ada rencana menghentikan jualan Juke, dan kami juga masih terus menjualnya seperti biasa. Terkait stop produksi, tidak ada dan masih jalan,” ujar Budi Nur Mukmin GM Marketing Strategy & Product Planning NMI kepada KompasOtomotif, Senin (29/5/2017).

Merujuk data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo),  penjualannya melorot tajam sepanjang Januari-April 2017 mencapai 76,51 persen (year-on-year), atau hanya sebanyak 35 unit. Sementara pada tahun lalu totalnya mencapai 149 unit pada periode yang sama.

Dari tabel yang disajikan berikut ini, tampak pada Januari dan Maret 2017 pasokan yang dikirim ke diler hanya 1 unit, bahkan pada Februari tidak ada sama sekali. Baru kemudian pada April 2017, NMI gelontorkan Juke lagi sampai puluhan unit.

Nissan Juke

2016

2017

Jan

14

1

Feb

35

-

Mar

78

1

Apr

22

33

Total

149

35

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com