Mobil Spek Balap BMW M4 GT4 Mulai Dijual - Kompas.com

Mobil Spek Balap BMW M4 GT4 Mulai Dijual

Donny Apriliananda
Kompas.com - 29/05/2017, 17:03 WIB
BM BMW M4 GT4 yang mulai dijual dengan banderol RP 2,5 miliaran,

Munich, KompasOtomotifBMW mulai membuka pemesanan untuk M4 GT4. Inilah mobil balap yang dikembangkan oleh divisi Motorsport perusahaan Jerman itu untuk memenuhi ekspektasi para pebalap di berbagai belahan bumi tanpa harus bersusah-payah membangun dari nol.

Sebagai pembuktian, BMW M4 GT4 akan berpartisipasi dalam ajang balap touring car FIA GT4. Sebelumnya, BMW sudah menguji kendaraan ini lebih dari 20.000 km, demi meyakinkan bahwa mobil ini sempurna untuk balapan.

BMW memberi banderol mobil ini 169.000 Euro, atau setara Rp 2,5 miliar plus pajak-pajak lainnya. Artinya, ini bukan mobil sembarangan. Pabrikan benar-benar memperhatikan soal standar balap sekaligus keselamatan. Inilah yang membedakan M4 GT4 dengan mobil balap yang dibangun sendiri.

baca: BMW M4 GT4 Khusus Balap, Mau?

Pembeli sebenarnya juga bisa meminta kepada divisi Motorsport BMW untuk mendapatkan mobil yang gampang dipelihara, atau mendapatkan harga yang paling efisien.

Beberapa komponen mobil ini datang dari M6 GT3, sedangkan bagian lainnya dijamin baru. Menariknya, ada yang disebut ”power stick”, membuat pengemudi bisa memilih program performa mesin yang sesuai.

Program ini membuat setelan suspensi, kesimbangan, dan performa mesin bisa berbeda. Sehingga, sistem ini akan memudahkan pebalap unutk menggunakan pada kompetisi mana saja.

Mobil ini dibangun dari spesifikasi standar M4 Coupe, tapi sudah mendapat penambahan sistem manajemen mesin, saluran gas buang, tangki bahan bakar yang lebih aman, pelindung kabin, dan beberapa titik ubahan pada sasis.

Kontrol stabilitas dan ABS sudah pasti terpasang, dan ini bisa dimatikan jika ada aturan pada sebuah balapan yang melarangnya dipakai. Rem pakai AP Racing, sementara ban percaya pada Hankook.

PenulisDonny Apriliananda
EditorAgung Kurniawan
SumberBMWBlog

Komentar