Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manisnya Pasar Mobil "Plug in Hybrid" di Jepang

Kompas.com - 29/05/2017, 08:03 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Selain mobil bermesin konvensional seperti bensin dan diesel, di Jepang tren pejualan mobil listrik dan plug in hybrid juga cukup meningkat. Buktinya, kedua mobil berteknologi ini kerap seliweran di jalan hampir di tiap sudut kota Tokyo.

Baca : Mengintip "Sarang" DIstribusi BMW di Jepang

Siji Tanaka, Director Corporate Communication BMW Group Japan, menjelaskan meski dalam skala kecil, tapi tiap tahun mobil listrik maupun plug in hybrid mulai digemari seiring dengan infrastruktur yang kian maju.

"Sangat bagus pasarnya, di sini (Tokyo) kita punya 400 lebih stasiun pengisian listrik (charging station) yang bisa dengan mudah ditemui di area umum, seperti SPBU atau di rest area," ucap Seiji kepada wartawan di Tokyo beberapa waktu lalu.

Beberapa model dari BMW pun menjadi incaran, salah satunya adalah i3 yang merupakan city car full elektrik dari BMW. Sedangkan untuk plug in hybrid, beberapa produk BMW juga diklaim memiliki potensi yang besar.

Stanly/KompasOtomotif Stasiun pengisian mobil listrik

"Untuk Jepang, kami pasarkan tujuh model plug in hybrid BMW, mulai dari Seri 2 (225xe), 330e, 530e, 740e, X540e, Mini Crossover (Contyrman), dan i8. Untuk full elektrik kita ada i3. Seperti yang saya bilang, konsumen Jepang memang suka dengan mobil premium yang memiliki spec tinggi, termasuk soal teknologi," papar Seiji.

Baca : Dilema BMW Indonesia Pasarkan Mobil Listrik i3

Bila dibandingkan dengan pasar di Indonesia memang masih sangat jauh tertinggal, bahkan untuk seukuran mobil hibrida pun masih sepi pasarnya. Persoalan utama bukan hanya dari harga yang terlampau tinggi, tapi dari sisi infrastruktur yang belum sama sekali mendukung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com