Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Federal Oil Siap Resmikan Pabrik Baru

Kompas.com - 27/05/2017, 10:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Pertengahan 2017 ini PT Federal Karyatama (FKT) atau Federal Oil siap meresmikan pabrik baru. Tempat produksi pelumas teranyar itu berlokasi di Cilegon, Banten, disiapkan sebagai pengganti pabrik sebelumnya di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Jika sudah mulai beroperasi, seluruh kegiatan produksi akan dilakukan di pabrik baru. Secara kapasitas, dijelaskan GM Marketing Federal Oil Hamonangan Naenggolan, lebih besar dua kali lipat dari tempat yang lama.

"Total kapasitas produksinya sekitar 100 juta liter per tahun untuk semua jenis oli," kata Hamonangan saat berbincang dengan KompasOtomotif belum lama ini di kawasan Bekasi, Jawa Barat.

Bukan hanya itu, secara teknologi juga diklaim lebih canggih dibandingkan pabrik lama. Paling utama, kata Hamonangan bisa memenuhi kebutuhan konsumen, khususnya di seluruh wilayah Indonesia.

"Fokus kita memenuhi permintaan dalam negeri dulu, ke depan tidak menutup kemungkinan kita juga akan melakukan ekspor. Tetapi, saya belum bisa bicara banyak mengenai ekspor," ujar dia.

Aditya Maulana/KompasOtomotif Ilustrasi: karyawan sedang bekerja di pabrik

Hamonangan melanjutkan, pabrik lama sudah tidak bisa lagi menampung permintaan pasar. Secara kapasitas, jika temapt produksi baru lebih besar dua kali lipat, artinya yang di Pulo Gadung hanya sekitar 50 juta liter per tahun.

"Harapan kita semuanya bisa berjalan dengan lancar. Apalagi sekarang ini permintaan pelumas baik itu motor dan mobil terus berkembang pesat," ujar Hamonangan.

Berdasarkan data yang dirilis, Federal Oil menguasai lebih dari 20 persen pangsa pasar pelumas sepeda motor. Cakupan distribusinya juga cukup luas, karena tersebar di seluruh Indonesia dengan dukungan 29 diler utama, dan 3.200 Federal Oil Center (FOC) dan 10.000 lebih outlet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com