Sensasi Manuver Cantik "All New" BMW Seri 5 - Kompas.com
Laporan dari Jepang

Sensasi Manuver Cantik "All New" BMW Seri 5

Stanly Ravel
Kompas.com - 24/05/2017, 08:21 WIB
Stanly/KompasOtomotif Tes handling Seri 5 terbaru di Jepang

Tokyo, KompasOtomotif - Sebelum mendarat di Tanah Air, BMW Group Indonesia lebih dulu mengajak beberapa media merasakan sensasi berkendara Seri 5 terbaru ke Jepang. Pengetesan dilakukan dalam beberapa metode, mulai dari handling, braking, slalom, sampai city cruising menelusuri jalur perkotaan di Jepang.

Hari pertama, awak media langsung bisa berkendara di area parkir BMW Group Tokyo Bay menggunakan Seri 5 bermesin diesel dan bensin. Kesempatan ini diberikan untuk eksplorasi dan menguji sistem pengereman serta sensasi kelincahan dari sedan premium yang akan masuk ke Indonesia pada Agustus mendatang.

Baca : BMW Seri 5 Meluncur dalam Versi CKD Indonesia

Pengujian pengereman juga dilakukan sebagai bagian dari pelatihan berkendara. Dalam tahap ini, para media ditantang melakukan hard braking dalam tingkat kecepatan yang berbeda untuk melihat seberapa responsif sistem pengereman pada Seri 5 bekerja.

Untuk piranti keselamatan ini, Seri 5 sudah dilengkapi dengan ragam keselamatan yang cukup lengkap. Mulai dari anti-lock braking system (ABS), dynamic traction control (DTC), sampai cornering brake control (CBC) yang mampu menjaga kestabilan mobil saat melakukan pengereman saat dalam tikungan.

Stanly/KompasOtomotif Eksplorasi handling All New BMW Seri 5

Hasilnya tidak perlu diragukan, bahkan saat dites dalam lintasan basah dalam kondisi harus menghindar atau berbelok, sistem ABS bekerja cukup baik memberikan kemudahan pengendalian. ABS BMW mampu memberikan respon cepat dalam mendeteksi roda bagian mana yang harus diberikan pengereman penuh dan mana yang tidak.

Baca : Menyapa Desain All New BMW Seri 5 dari Jepang

Kedinamisan dan kestabilan berkendara generasi ketujuh dari Seri 5 juga dibuktikan dalam aksi time attack di lintasan slalom mini. Para awak media diberikan kesempatan untuk berakselerasi dan langsung menekuk kemudi untuk melakukan menuver melewati rintangan pembatas.

Selain fitur electrik power steering (EPS), adanya teknologi BMW Integral Active Steer alias sistem kemudi empat roda juga memberikan pengaruh besar pada sistem handling-nya. Fitur cerdas ini berfungsi mengatur sudut belok roda depan dan belakang dengan rasio putar kemudi yang disesuaikan kecepatan kendaraan dan menggerakan roda belakang sesuai sudut yang dibutuhkan.

Stanly/KompasOtomotif All New BMW Seri 5 Jepang

Bukan hanya makin fun to drive, Seri 5 juga terlihat lincah bermanver meski dengan dimensi yang lebih besar. Hal ini juga tidak lepas dari fitur suspensi aluminium double track control terbaru yang berkontribusi memberikan radius putar lebih kecil, bahkan koreksi feedback kemudi atau traverse force juga lebih cepat yang membuat kemudi makin responsif.

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM