Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Test Drive Toyota New Agya

Mengukur Kenyamanan Kabin Mobil Murah Agya

Kompas.com - 22/05/2017, 09:20 WIB

Surabaya, KompasOtomotif - Agya terbaru dibekali Toyota Astra Motor (TAM) desain yang lebih segar baik eksterior maupun interior. Tampilan luar yang lebih sporty, modern dan dinamis juga diikuti dengan ubahan desain kabin yang kerap disebut "anak muda banget".

Betapa tidak, begitu masuk kabin, pengemudi dan penumpang depan disambut dengan "pelukan hangat" jok semi bucket yang didesain dengan sandaran kepala menyatu. Sayangnya model head rest tersebut kurang bisa dinikmati dengan baik untuk mereka yang memiliki tinggi lebih dari 170 cm. Sebab tidak semua bagian belakang kepala bisa terlindungi secara keseluruhan.

Desain dasbor untuk ukuran mobil murah memang tergolong interaktif. Ada head unit yang ditanam di tengah dasbor dengan beberapa fitur pengaturan bergaya layar sentuh. Selain itu stir sudah dilengkapi dengan pengatur kontrol untuk memudahkan pengoperasian audio.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Interior New Astra Toyota Agya

Ruang kemudi

Saat melakukan media test drive rute Surabaya - Madura yang digelar oleh TAM akhir pekan lalu (19-20/5/2017), awak redaksi mendapat kesempatan pertama untuk berada di balik kemudi. Dibanding dengan model lama, posisi duduk Agya terbaru terasa lebih tinggi. Saat dikonfirmasi, pihak TAM mengiyakan adanya ubahan tinggi pada jok depan.

Ada sedikit catatan untuk varian otomatis, akan lebih nyaman jika ada foot rest agar kaki kiri lebih santai. Begitu juga dengan konsol boks, akan lebih mantap jika ada storage di antara jok depan, yang juga bisa dimanfaatkan untuk sandaran tangan.

Selain hal-hal di atas, untuk segmen mobil murah, apa yang ditawarkan Agya sudah tergolong mewah. Plus poin lainnya adalah kabin yang lega, baik ruang kepala dan kaki. Hal itu bisa dirasakan baik di baris pertama maupun kedua. Hal positif lainnya, kabinnya lebih senyap.

Kesimpulan

Dalam hal penampilan baik luar dan dalam Agya terbaru punya daya tarik tersendiri. Dinamis, sporty, interaktif dan mewah jadi senjata andalan. Kelegaan kabin juga punya nilai tersendiri untuk ukuran mobil mungil harga terjangkau. Ada sedikit catatan perihal kenyamanan yaitu mengenai kealpaan foot rest dan konsol boks di antara jok depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com