Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancaman Pasukan Oranye KTM di GP Perancis

Kompas.com - 21/05/2017, 13:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Crash

Le Mans, KompsOtomotif – Di balik gemilangnya Yamaha pada kualifikasi GP Perancis di Sirkuit Le Mans, (20/5/2017), yang merebut baris pertama start, jangan lupakan ancaman lain yang tiba-tiba menyeruak. Duet pebalap KTM, Pol Espargaro dan Bradley Smith, untuk pertama kalinya, mampu masuk 10 besar.

Pol bertengger pada posisi ke-8 pada balapan hari ini, (21/5/2017), sedangkan Smith, berada di pos ke-10. Buat KTM, ini bisa menjadi hari yang paling sempurna, karena kerja keras mereka mulai mendapat hasil, meski 2017 adalah tahun pertama buat pabrikan Austria itu terjun di MotoGP.

Rupanya, sirkut Le Mans yang sangat kombinatif cocok untuk KTM RC16 yang dianggap liar. Jika pada enam balapan sebelumnya RC16 seolah tak dilirik, pada 15 menit kualifikasi pertama, Sabtu, mereka bikin terkejut banyak orang dan lolos ke Q2.

Catatan waktu Pol di posisi ke-8 terpaut 1,405 detik dari pemuncak kualifikasi, Maverick Vinales. Sedangkan Smith di posisi ke-10 berjarak 1,635 detik. Masih cukup jauh, tapi perkembangan merek ini tergolong mengejutkan.

”Tidak ada yang menduga performa kami bisa seperti ini,” ucap Smith, menjelaskan bagaimana perkembangan supercepat KTM di musim pertama balap utama kelas premier. Espargaro bahkan lebih asntusias lagi. ”Kami akan sangat dekat, nanti di akhir musim,” ujarnya.

Menghadapi balapan Minggu, Espargaro mengatakan bahwa pasukan KTM akan mengambil risiko, karena mereka sudah terlanjur masuk deretan 10 besar dan tidak ada beban.

”Saya ingin membawa motor balik ke garasi dan meraih poin. Tentu, apa yang terjadi di Jerez (balapan sebelumnya) bukanlah hasil terbaik. Tapi semuanya senang karena kami sudah mencoba maksimal,” ujar Espargaro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com