Ini Mobil Khusus untuk Pengguna Kursi Roda - Kompas.com

Ini Mobil Khusus untuk Pengguna Kursi Roda

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 20/05/2017, 11:43 WIB
Autoblog Mobil khusus untuk pengguna kursi roda.

Texas, KompasOtomotif – Mobilitas bukan hanya milik seseorang dengan kondisi tubuh normal, tapi mereka yang harus menggunakan kursi roda. Mereka juga tentu membutuhkan sesuatu untuk dikendarai, dan Ini yang kemudian coba difasilitasi melalui mobil listrik Kenguru.

Mengutip Autoblog, Jumat (19/5/2017) secara tidak langsung, kendaraan ini merupakan sebuah bungkus atau cangkang bagi kursi roda. Mobil ini hanya memiliki satu pintu dibagian belakangnya, di mana menjadi tempat masuk untuk kursi roda dan pengunanya.

Kenguru EV didesain khusus oleh perusahaan bernama Rehab asal Hungaria, dan sejak 2012 lalu sudah mulai dipasarkan di Amerika dan juga seluruh Eropa. Stacy Zoern, CEO Community Cars, perusahaan yang ada di belakang Kenguru saat ini mengatakan, kalau gagasan ini membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan untuk bisa bebas beraktivitas dan mencapai kemandirian.

Berbasis di Pflugerville, Texas Community Cars memproduksi Kenguru dengan tangan, tapi saat ini sedang kekurangan dana untuk memproduksi dan menjualnya. Ini merupakan sebuah sinyal untuk mencari investor.

Namun ini tidak menghentikan Zoern untuk berinovasi, di mana dirinya mengatakan kalau model terbaru berbasis joy stick, akan segera dihadirkan ke pasar. Harga mobil mini ini dibanderol 25.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 333 jutaan.

Kenguru berpenggerak roda belakang, dengan kecepatan tertinggi hanya 45 kpj. Jarak yang sanggup ditempuh untuk satu kali pengisian baterai penuh berkisar 70-110 kilometer.

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM